Undangan Pernikahan Kekinian yang Tak Terlupakan (+Desain)

Undangan pernikahan adalah salah satu kelengkapan terpenting yang mesti dipikirkan matang-matang dalam tahapan persiapan pernikahan kamu.

Untuk membuat model kartu atau surat undangan yang sesuai dengan keinginan kamu, beberapa hal seperti gambar, background, template, kata kata, dan desain yang unik perlu kamu pikirkan baik baik.

Selain itu, hal-hal teknis seperti format bahasa apakah ada satu dua quote bahasa inggris misalnya, harga yang murah, dan edit editan akhir sebelum siap cetak.

Sebelum Mencetak Undangan Pernikahan

Prosesi pernikahan adalah peristiwa yang sangat sakral dalam masyarakat Indonesia. Bahkan dalam budaya berbagai suku di Indonesia, prosesinya bisa sangat berbeda.

Hal tersebut tentu saja juga berpengaruh terhadap cara membuat undangan yang akan disebarkan kepada para kolega dan kerabat terdekat.

Dalam kalangan masyarakat urban Indonesia yang lebih modern, kartu undangan pada umumnya justru dibuat dalam bentuk dan konsep yang simple namun elegan.

Sebelum menentukan jasa percetakan yang akan kamu pilih, baiknya pelajari dulu :

  • Profil biro jasa percetakan
  • Pengalaman atau portofolio produk
  • Fasilitas yang disediakan
  • Spesialisasi produk

Tentu saja kamu perlu melihat sejauh apa opsi desain atau pilihan konsep undangan yang mereka tawarkan. Itu baru satu poin, tentang model surat undangan.

Selanjutnya, perhatikan tentang deadline jadinya hasil cetakan undangan.

Pastikan pula antrian cetakan yang sedang digarap oleh biro jasa tersebut tidak terlalu banyak.

Labih dari itu, jangan pernah lupa untuk memastikan komponen pendukung apa yang bisa kamu dapatkan. Misalnya plastik bening pembungkus dan sticker berisi nama kolega yang kamu undang.

Pada beberapa konsep undangan pernikahan yang kekinian, kadang juga dicantumkan QR Code yang terpaut dengan link ke Google Maps lokasi akad nikah atau resepsi pernikahan.

Kemudian, rasanya kamu juga perlu meminta versi image atau undangan digital yang bisa dengan mudah kamu kirimkan ke kawan-kawan lewat beragam kanal sosial media dan grup chat.

Sudah semua? Nah, sekarang tinggal lihat yuk, berbagai ide design dan model undangan pernikahan yang bisa kamu pilih.

Undangan Kipas

undangan pernikahan bentuk kipas

Desain undangan jenis ini bisa membuat momen pernikahan kamu menjadi lebih simple dan elegan. Apalagi jika jasa cetak undangan yang kamu pilih bica membuat versi copot-pasang.

Artinya, undangan dikirimkan dalam pembungkus plastik atau kertas seperti pada umumnya, kemudian bagian gagang dan daun kipas mesti dipasang dahulu agar dapat digunakan.

Kombinasikan warna dasar kertasa undangan menggunakan corak yang soft seperti warna-warna muda atau tosca yang cerah.

Pastikan juga desain ornamen dan kata-kata yang ditampilkan tidak terlalu ramai dan alay, cukup dengan font yang sederhana namun kentara.

Jika diperlukan tulisan yang terlihat lebih dinamis, cukup terbatas pada dua nama mempelai yang akan melangsungkan pernikahan. Keren kan?

Undangan Paper Art

undangan paper art

Paper carving atau paper cutting art barangkali akan membutuhkan jasa percetakan yang memiliki alat khusus dalam hal pemotongan kertas undangan.

But it is worth to try! Buat acara pernikahan yang sekali seumur hidup apa sih yang nggak?

Kalau kamu dan pasangan serta keluarga termasuk kalangan yang suka apapaun saja yang glamor, konsep desain undangan yang satu ini cocok sekali buat kalian.

Meskipun demikian, kertas paper art lebih cocok sebagai wadah atau sekedar pembungkus kartu undangan yang utama.

Warnanya? Bisa apa aja dong, sesuai dengan warna favorit kamu dan pasangan.

Undangan Sealing Wax

konsep sealing wax
flickr.com

Nah, kalau kamu ingin menonjolkan kesan classic yang bisa memperkuat desain dan tema ructic pada resepsi pernikahan kalian, konsep undangan yang satu ini bisa dicoba.

Sealing wax atau lilin yang biasa digunakan untuk mengunci ujung amplop, bisa jadi pilihan yang tepat buat wadah undangan kamu.

Bayangkan sensasi premium yang dirasakan saat membuat amplop undangan. Desain kartu undangan juga mesti disesuaikan dengan dekorasi pernikahan dan souvenir pernikahan yang kamu pilih.

Seluruh detail susunan acara pernikahan harus kamu mampatkan dalam satu lembar kertas yang dapat dicetak bolak balik.

Undangan Pernikahan Sederhana

warna kertas merang

Selembar undangan dengan amplop sewarna kertas merang ini mungkin bakal membuat kesan yang sangat sederhana pada pesta pernikahan kamu.

Namun, kalau memang konsep itu yang kamu butuhkan, kenapa tidak? Kamu tipe orang yang introvert, pasangan juga tidak banyak bicara. Keluarga kalian fine fine aja, why not?

Pernah tahu kan istilah less is more? Makin kita menunjukkan kesederhanaan diri dan keluarga, makin classy martabat kita. Karena merekalah yang terdekat yang paling tahu bisa apa saja kita.

Undangan Pernikahan Kreatif

karikatur kreatif

Buat kamu yang mungkin punya kegemaran menggambar, desain grafis, atau sekedar penikmat ragam karya desain, konsep yang satu ini bisa jadi yang terbaik buat kamu.

Mungkin kamu akan memerlukan jasa desain khusus atau jasa gambar yang biasa membuat ilustrasi berupa gambar kartun. Kamu bisa request desain yang cute, atau malahan retro.

Tidak perlu amplop atau kertas pembungkus, desain ini lebih cocok dilipat dalam sekali lipatan lantas langsung dibungkus plastik bening undangan pada umumnya.

Konsep tata letaknya seperti membaca kertas menu yang hanya cukup satu lembar. Sudah mulai bisa membayangkan?

Warna dasar yang cerah atau sekedar putih bersih bisa membuat karikatur kalian jadi stand out from the crowd. Trust me!

Undangan Tema Bunga

tema bunga

Desain undangan dengan tema bebungaan bisa kamu pilih sebagai konsep pendukung serangkaian acara pernikahan.

Hiasan desain bunga bisa ditempatkan di bagian atas atau bawah kartu undangan. Model kartu undangan juga bisa dipisah menjadi dua bagian.

Selain itu, dua kartu tersebut dimasukkan ke dalam kertas pembungkus sekaligus cover undangan pernikahan kamu.

Warna yang cocok sebagai dasar kartu adalah warna gelap yang mendekati terang, seperti misalnya warna krem atau coklat cerah.

Sementara itu, warna hiasan bunga yang paling bisa menyatu misalnya gradasi warna biru, mulai dari biru tua mendekati ungu dan hitam, hingga biru pucat, muda yang seolah luntur seperti watermark.

Pernikahan adalah prosesi yang panjang, tidak hanya bermula saat akad dan resepsi, namun ada pula yang telah dimulai sejak berbagai kuliah pra nikah dan serangkaian tahapan taaruf.

Sebelum memantapkan hati untuk melangsungkan pernikahan, barangkali kamu juga perlu untuk memahami lebih dalam tentang rukun nikah.

Nah, kalau kamu belum ada ide, cobalah main ke nikahan kawan-kawan dulu, bikin ucapan pernikahan terbaik, bawa kado pernikahan paling mengesankan. Semoga cepat nikah!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.