21+ Ucapan Pernikahan Terbaru, Kreatif & Inspiratif (So Sweet)

Ucapan pernikahan menjadi hal penting yang harus kamu ungkapkan untuk menyampaikan rasa bahagiamu kepada pengantin.

Lewat ucapan tersebut, kamu bisa mengutarakan rasa syukur, selamat dan ucapan terima kasih dengan kata-kata yang tulus dari dalam hatimu.

Tak hanya sekedar kata, ucapan selamat yang kamu berikan bisa menjadi sarana silaturahmi dan obat rindu kita kepada pengantin. Sang pengantin tentu sangat senang bila menerimanya.

Nah, berikut ini beberapa contoh yang bisa kamu tiru.

Ucapan Pernikahan Islami

kartu ucapan pernikahan
unsplash.com

Dalam islam ada beberapa ungkapan yang biasa diucapkan ketika mendapat kabar maupun undangan pernikahan. Salah satunya tentu berupa doa pernikahan.

Tidak hanya sebagai ucapan selamat, kata-kata dengan bahasa arab ini juga mengandung doa untuk si calon pengantin. Kata-kata islami berasal dari beberapa hadist yang juga menjadi doa Rasulullah SAW. Ucapan ini menjadi hal wajib yang kamu sisipkan di setiap kado pernikahan.

Ucapan islami yang dapat kamu gunakan seperti, ‘Barakallahu lakum wa baraka alaikum’ yang artinya mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan.

Bisa juga menggunakan ucapan pernikahan seperti ini, ‘Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir’. Artinya, mudah-mudahan Allah SWT memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan (HR. Abu Dawud).

Jika dirasa terlalu panjang, cukup ucapkan, ‘Baarakallahu laka’ yang artinya semoga Allah menambahkan keberkahan.

Tidak hanya bahasa arab saja, ada pilihan ucapan pernikahan islami yang menggunakan bahasa Indonesia, yaitu “Barakallah Kak, semoga menjadi keluarga yang sakinnah mawaddah wa rahmah.”

Pilihan lainnya seperti, “Selamat ya, semoga menjadi keluarga yang samawa.” Kata samawa di sini merupakan singkatan dari ‘sakinnah mawaddah wa rahmah’.

Atau bisa juga mengucapkan, “Sekarang kau telah menjadi imam untuk keluarga kecilmu. Bimbing istrimu baik baik dalam cahaya iman dan islam. Semoga keberkahan selalu menyertai keluarga kalian. Aamiinn.”

Ucapan Pernikahan Bahasa Inggris

ucapan happy wedding
unsplash.com

Untuk menyampaikan selamat, doa dan harapanmu pada pernikahan teman, keluarga, ataupun sahabatmu, kamu bisa juga memakai bahasa inggris lho.

Ungkapan dari bahasa asing dipandang sebagian orang lebih puitis dan beda. Berikut beberapa ucapan pernikahan dalam bahasa inggris yang bisa kamu gunakan, yaitu:

You are truly lucky to have found each other. Congratulations! I wish much happiness for you two.

Bila diartikan dalam bahasa indonesia menjadi “kalian sungguh beruntung telah menemukan satu sama lain. Selamat! Aku berdoa semoga kalian sukses dan berbahagia.”

Kamu bisa juga mengatakan, “May you always remember the love you feel today, enjoy your time, grow old and happy together”.

Arti dalam bahasa indonesia adalah “Semoga kalian selalu ingat cinta yang kalian rasakan hari ini, nikmatilah waktu kalian, tumbuh menua bersama dan bahagia.”

Ada ucapan pernikahan dengan bahasa inggris secara singkat tetapi mengena seperti ini, “Happy wedding my friend! Wish you always healthy and happy, God bless you!”

Dalam bahasa indonesia diartikan seperti ini, “selamat menikah temanku! Semoga kalian selalu sehat dan berbahagia, Tuhan memberkahi kalian!”.

Ucapan Pernikahan untuk Sahabat

ucapan nikah
unsplash.com

Kepada sahabat terkasih yang ikut menemani perjalanan hidupmu, kamu pasti ingin mengungkapkan dengan cara yang spesial dan berbeda kan. Ucapan pernikahan darimu kepada sahabat tercinta akan menjadi pelengkap kebahagiaan mereka.

Jangan lupa untuk menyisipkan satu dua nasehat tentang tujuan pernikahan yang sebenarnya. Bukankah itulah yang namanya sahabat? Kawan selalu mengingat dan jadi pengingat.

Berikan pula kado pernikahan terindah yang tak akan mereka lupakan, hargai semua persiapan pernikahan yang telah mereka berdua perjuangkan. Dan simpan selalu souvenir pernikahan dari sahabatmu.

Kamu bisa mengucapkan, “Selamat ya sahabat terbaikku, kamu telah menemukan kembali tulang rusukmu. Jaga baik-baik ikatan suci kalian. Semoga kalian berbahagia selalu dan segera dikaruniai buah hati. Selamat menempuh hidup baru, Sahabatku!”

Bisa juga seperti berikut, “Pernikahan ini menjadi langkah awal kalian mengarungi samudra kehidupan. Kalian akan menjalani biduk rumah tangga berdua. Setiap perjalanan yang kalian hadapi tentu akan ada ombak pengganggu. Kokohkan cinta suci kalian untuk menghadapi semua itu. Kerasnya badai menghadang justru semakin memperkuat ikatan cinta kalian. Kalian akan menjadi pasangan yang saling melengkapi dikala suka maupun duka. Selamat sahabatku, semoga menjadi keluarga bahagia.”

Atau seperti ini, “Akhirnya kamu menikah, Sahabatku. Tak terasa sudah sekian lama kita berteman hingga menjadi akrab. Terima kasih telah menjadi sahabatku selama ini. Aku sangat bahagia mendapat kabar pernikahanmu. Semoga dia adalah tulang rusukmu yang selama ini hilang. Dia adalah belahan jiwa yang selama ini kau cari. Semoga kalian menjadi jodoh dunia dan akhirat. Cepat mendapat momongan dan bahagia selalu!

Ucapan ini paling pas buat kawan dan sahabat kamu yang menikah lewat jalan taaruf dan proses khitbah yang ahsan.

Ucapan Pernikahan Singkat dan Simpel

ucapan pernikahan
unsplash.com

Tak banyak kata-kata namun bermakna juga bisa menjadi pilihan kamu mengucapkan selamat menempuh hidup baru.

Ucapan yang singkat belum tentu disimpulkan sebagai ketidakpedulian. Namun biasanya ucapan pernikahan yang singkat langsung merujuk pada inti ucapan yang ingin kamu sampaikan.

Jika waktumu terbatas, tak sempat mengobrol lama, ada baiknya kamu gunakan beberapa pilihan ucapan berikut.

  • “Selamat menempuh hidup baru, Kawan!” Mungkin terdengar sederhana, tetapi orang yang mengucapkan seperti itu turut berbahagia dengan status barumu.
  • Menikah juga sebagai jalan awal kamu untuk mempunyai keturunan. Jadi bisa juga kamu ucapkan, “Selamat, cepat dapet momongan ya!” atau seperti ini, “Congrats Bro/ Sis, cepet kasih aku ponakan ya!”
  • Harapan untuk menikah sekali seumur hidup tentu menjadi impian semua orang. Kamu dapat mengucapkan, “Selamat berbahagia, awet sampai kakek nenek ya!” atau “Selamat berbahagia sampai maut memisahkan.”
  • Ada juga ucapan yang paling singkat seperti “Congratulations!” bisa juga “Happy Wedding!” Walaupun irit kata-kata, ucapan tersebut sudah mewakilkan rasa bahagia kita.

Ucapan Pernikahan Lucu

kartu ucapan happy wedding
unsplash.com

Ada juga pilihan ucapan pernikahan yang bisa menggambarkan karaktermu. Berwatak humoris bukan berarti tidak bisa serius lho.

Ucapan pernikahan yang lucu dapat mencairkan suasana tegang diantara pengantin dan tamu undangan. Jika itu pernikahan sahabatmu, ucapan yang lucu menggambarkan dekatnya persahabatan kalian selama ini.

Ada beberapa pilihan ucapan pernikahan lucu, diantaranya, “Aku hanya ingin berkata bahwa sahabat yang paling jahat adalah sahabat yang tega meninggalkan temannya menikah dahulu. Namun aku tetap bahagia karena itu, selamat menempuh hidup baru”.

Bisa juga mengucapkan “Kasihanilah aku yang masih jomblo ini, ditinggalkan sahabatku menikah duluan. Selamat, doakan aku segera menyusulmu.”

Jika menginginkan ucapan pernikahan versi panjang, kamu dapat mengutarakan seperti ini, “Kawan, enaknya hidupmu saat ini. Makan sudah ada temannya, tidur sudah ada temannya, baju ada yang mencuci. Aku jadi ingat masa lalu, ketika baju kotormu berakhir menjadi lap pel di lantai kamar kos. Semoga bahagia kawan, jaga keluarga kecilmu baik – baik.”

Ada juga yang lain seperti, “Aku kirimkan doa pernikahan untuk sahabatku tersayang, semoga segera dapat keturunan, sehingga aku segera punya keponakan”.

Jika yang menikah adalah sahabat karibmu, ada pilihan ucapan yang lucu seperti, “Ciee akhirnya nikah! Selamat Bro/ Sis, jangan lupain aku yak!

Bisa juga seperti ini, “Akhirnya kau nikah juga Bro, setelah ratusan gadis menolakmu. Hehee eits jangan dianggap serius! Semoga istrimu diberi ketabahan Bro!”

Atau kamu bisa berkata “Aaakk.. akhirnya kamu nikah, ya ampun bahagianya aku! Aduh, alamat aku nggak punya teman ke salon lagi nih!”

Ucapan pernikahan yang lucu lebih banyak menyindir diri sendiri dan menyanjung si pengantin.

Itulah pertanda bahwa kita turut bahagia melihat mereka menikah dan melangkah ke babak kehidupan yang baru.

Momen-momen kalian menghabiskan waktu bersama sahabat akan kembali teringat saat dia menikah. Tentu bahagia sekali bisa menjadi bagian perjalanan hidupnya.

Ada banyak sekali ucapan pernikahan yang bisa kamu pilih di sini. Bingung kan, ingin memakai yang mana?

Pilihlah yang sesuai dengan karaktermu dan sejauh apa hubungan kedekatanmu dengan calon pengantin. Selamat memilih!

1 thought on “21+ Ucapan Pernikahan Terbaru, Kreatif & Inspiratif (So Sweet)”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.