5 Cara Ternak Burung Puyuh Petelur (Rekomendasi)

5 Cara Ternak Burung Puyuh Petelur (Rekomendasi)

Ternak burung puyuh merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan bagi peternak pemula. Berikut ini adalah berbagai keuntungannya dan cara melakukan perawatan hewan ternak yang baik.

Hal Menarik Tentang Burung Puyuh

beternak burung puyuh
birdingtrek.com

Ratusan Jenis Spesies

Hampir 130 spesies burung berekor pendek dapat dikategorikan sebagai famili burung puyuh. Dari jumlah tersebut, 95 spesies termasuk dalam Old World quail dalam famili Phasianidae. Sementara 33 spesies merupakan Odontophoridae yang masuk dalam kelompok New World quail. Dari ratusan jenis spesies burung puyuh tersebut, satu yang paling terkenal adalah burung puyuh jepang/jepun. Nama latin spesies burung puyuh ini adalah Coturnix coturnix japonica, menunjukkan bahwa burung puyuh jenis ini memang sangat banyak ditemukan di Jepang. Selain kawasan Asia lainnya, burung puyuh jepang juga lazim terdapat di Eropa dan Afrika. Citarasa yang nikmat membuat berbagai resep telur puyuh berkembang di seluruh dunia.

Keuntungan Usaha Ternak Burung Puyuh

Masih menurut CIWF, mayoritas ternak puyuh yang ada didunia terdapat di China, mencapai sebanyak 1,4 milyar burung puyuh per tahun. Sementara di Eropa produksi daging puyuh mencapai 100 juta puyuh tahunan. Sementara di Indonesia, produksi puyuh masih kekurangan 15 juta butir telur puyuh per hari. Data ini sama artinya dengan telur puyuh yang diproduksi oleh peternak hanya mempu memenuhi permintaan pasar sebesar 20 persen. Hal tersebut dikemukakan oleh Slamet Wuryadi Ketua Asosiasi Peternak Puyuh Indonesia kepada Republika tahun 2017 yang lalu. Lebih lanjut Slamet menjelaskan bahwa kemampuan peternak memproduksi telur hanya sekitar 3 juta telur per hari. Bahkan, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat, hanya mampu memenuhi sekitar 3,5 juta telur per minggu. Sementara itu produksi telur puyuh di Sukabumi juga hanya dapat mencapai 500 butir per hari. Jelas sudah bukan, beberapa keuntungan ternak burung puyuh di bawah ini bisa kamu capai.
  • Modal binis kecil. Burung puyuh tidak membutuhkan ruang yang besar maupun lebar.
  • Resiko kerugian rendah. Burung puyuh petelur yang telah siap bertelur juga tidak mudah mati atau terkena penyakit.
  • Produktivitas ternak burung puyuh tinggi. Burung puyuh dapat bertelur dengan siklus satu telur dalam 25 jam, dan dapat terus bertelur selama 12-18 bulan.
  • Permintaan pasar tinggi, supplai produsen kurang.
Nah, berikut ini rahasia cara ternah burung puyuh yang mungkin belum kamu ketahui.

Perawatan Kandang yang Sehat

budidaya burung puyuh
tamarakenneallyphotography.com
Apa yang dimaksud kandang yang sehat? Bukankah seharusnya puyuh yang sehat? Kesehatan puyuh petelur tentu saja dapat dicapai dengan cara tertentu. Satu cara yang paling krusial adalah memeriksa dan senantiasa memastikan kebersihan kandang. Nah, itulah mengapa sebagai peternak, kebersihan kandang puyuh adalah prioritas yang mutlak. Kamu bisa membersihkan kandang dengan alat yang tersedia semisal sapu lidi. Pelajari lebih lanjut tentang kandang burung puyuh.

Kotoran Puyuh Dibersihkan Secara Berkala

gambar burung puyuh
youtube.com
Lalu, kapan sih kandang puyuh harus dibersihkan? Hal ini tentu saja tergantung pada jenis alas kandang puyuh yang digunakan. Umumnya peternak puyuh menggunakan alas kandang berbahan dasar kawat strimin. Cara beternak dengan alas kandang jenis ini memudahkan peternak dalam membersihkan kotoran puyuh.Kotoran puyuh harus dibersihkan maksimal 1 kali dalam 3 hari. Kamu bisa membersihkannya sehari sekali atau sehari dua kali, namun upayakan tidak melebihi 3 hari. Hal ini dikarenakan kotoran puyuh sangat cepat menumpuk, meskipun alas kandang menggunakan kawat strimin yang berlubang bagian bawahnya. Itulah mengapa minimal kamu harus membersihkan kandang puyuh 3 hari 1 kali.

Pemberian Antibiotik, Vitamin dan Vaksin

budidaya burung puyuh
talkvietnam.com
Antibiotik dan vitamin yang diberikan dapat dilakukan dengan cara mencampurkannya ke dalam air minum puyuh. Cara ini sangat memudahkan peternak untuk memastikan seluruh burung puyuh telah menerima asupan vitamin dan antibiotik sesuai dosis yang dianjurkan. Selain pemberian antibiotik dan vitamin, kamu juga mesti melakukan penyemprotan kandang dan puyuh sebagai perlakuan vaksinasi pada burung puyuh sebagai tindakan pencegahan penyakit pada burung puyuh.

Kontrol Suhu Kandang Agar Tetap Hangat

cara ternak burung puyuh
kknm.unpad.ac.id
Titik penting dalam menjaga suhu kandang burung puyuh adalah dampak yang ditimbulkan pada produktivitas puyuh petelur – atau paling tidak pada anak atau bibit puyuh dalam masa pembesaran. Kamu juga mesti memperhatikan perbedaan usia burung puyuh, karena kriteria suhu kandang berbeda-beda pada setiap jenjang usia burung puyuh. Umumnya lampu yang digunakan oleh peternak adalah lampu jenis bohlam dengan besaran daya 70 watt untuk kandang anakan puyuh, sebanyak 3 buah lampu pada kandang berukuran 2 x 0,5 meter. Sedangkan puyuh petelur dewasa cukup menggunakan 1 lampu berdaya 30-40 watt pada kandang berukuran 1,5 x 0,5 meter.

Kecukupan Pakan dan Minum Puyuh

beternak burung puyuh
animalsaustralia.com
Satu kesalahan besar yang harus dihindari oleh peternak puyuh petelur adalah keadaan habis pakan atau minum. Jika pakan habis, bukan hanya produktivitas telur puyuh yang terhambat, namun puyuh juga bisa mati.
Tentu kematian puyuh adalah satu hal yang paling dihindari para peternak karena akan berdampak pada satu periode penuh peternakan puyuh atau selama 1-1,5 tahun. Kamu harus memastikan kecukupan pakan dan minum setiap pagi dan sore hari. Kandang puyuh juga dapat dirancang dengan desain yang tepat sehingga kebutuhan pakan dan minum puyuh tidak akan mengalami kekurangan. Minimal sampai jadwal pengecekan pakan harian. Sebagai gambaran, umumnya pakan puyuh petelur sebanyak 50 kg (1 sak) lazim habis dalam 3 hari untuk 500 ekor puyuh. Pelajari lebih lanjut di makanan burung puyuh.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.