Sejarah Burung Puyuh yang Belum Kamu Ketahui (Unik)

Sejarah Burung Puyuh yang Belum Kamu Ketahui (Unik)

Barangkali kita belum benar-benar tahu tentang sejarah burung puyuh. Satu yang kita tahu saat ini, banyak bibit puyuh yang dibudidayakan di kandang burung puyuh sebagai usaha ternak burung puyuh.

Beberapa hal tentang asal usul burung puyuh dibawah ini barangkali bisa menambah wawasan kamu yang ingin memulai bisnis puyuh petelur. Selamat membaca!

Persebaran Geografis dan Penampakan Fisik

sejarah puyuh
hkbws.org.hk

Secara umum, puyuh jepang yang lazim dibudidayakan di Indonesia ternyata pada awalnya hidup di wilayah Rusia. Tentu saja pada perkembannya banyak juga terdapat di Asia Timur seperti Jepang, Korea, China, hingga India.

Sejumlah populasi kecil puyuh jepang (Coturnix japonica) juga ada di Angola, Kenya, Tanzania, Malawi, Afrika Selatan, Mozambik, Namibia, hingga Madagascar.

Secara fisik, penampakan burung puyuh jepang bisa kamu amati seperti pada gambar di atas.

Reproduksi Telur Puyuh

asal usul burung puyuh
carolinabirds.org

Siklus bertelur puyuh jepang kira-kira satu telur per hari, sumber lain menyebutkan satu telur per 25 jam. Dengan ukuran diameter 21,5-29,8 mm dan berat sekitar 7,6 gram.

Puyuh jepang dianggap telah dewasa dan dapat melakukan perkawinan antara jantan dan betina setelah memasuki usia empat minggu. Dengan rerata waktu tetas telur selama 19-20 hari.

Sementara bibit puyuh yang dibudidayakan para peternak umumnya didapatkan dari perusahaan atau peternak besar yang memiliki alat penetas telur.

Perilaku Unik

sejarah burung puyuh
gettyimages.com

Uniknya, sebelum menjadi hewan ternak seperti sekarang, puyuh memiliki cara yang mungkin tidak pernah kamu bayangkan dalam hal perkawinan.

Sebelum menentukan mana betina yang akan dipilih, puyuh jantan akan ‘memegang’ cacing kecil pada paruhnya. Kemudian akan mengeluarkan suara serak tanda memanggil betina.

Puyuh betina kemudian mendatangi puyuh jantan dan mengambil cacing dari paruh puyuh jantan untuk kemudian dimakan. Barulah terjadi proses reproduksi antara puyuh jantan dan betina.

Hal unik lainnya, ternyata dulunya burung puyuh adalah unggas yang melakukan migrasi jarak jauh. Pada musim panas (summer), puyuh bermigrasi ke India, Jepang, dan Korea.

Sedangkan pada musim dingin (winter), puyuh akan bermigrasi ke China bagian selatan, Hainan, Taiwan, dan Jepang bagian selatan. Jarak yang ditemput dapat mencapai 400-1000 km.

Wow, perjalanan yang menakjubkan bukan? Ingat, burung puyuh tidak memiliki kemampuan untuk terbang.

Berapa lama ya waktu yang diperlukan untuk sekali migrasi? Dan itu artinya dua kali migrasi setiap tahun. Menakjubkan!

Pakan Liar

asal mula burung puyuh
inaturalist.org

Sebelum menjadi komoditas ternak, puyuh jepang biasa memakan berbagai macam biji rerumputan. Mulai dari biji rumput benggala (panicum) hingga biji millet.

Pada musim panas, puyuh ini terbiasa memakan berbagai macam serangga dan hewan invertebrate (hewan tak bertulang punggung) kecil.

Uniknya lagi, puyuh betina yang sedang dalam masa bertelur terbiasa memakan pasir atau serpih kersik. Hal ini kemudian berkaitan dengan kebutuhan mineral untuk cangkang telur puyuh.

Hewan Ternak Sejak Abad 11

sejarah puyuh
youtube.com

Menurut laporan Compassion in World Farming (CIWF), sebuah organisasi sosial yang berkecimpung dalam bidang peternakan, ternak burung puyuh jepang mulai dilakukan sejak abad ke 11.

Awalnya malahan hanya sebagai burung hias atau burung kicau. Pada tahun 1950-an, puyuh jepang dibawa ke Eropa dan mulai dijadikan sebagai salah satu komoditas ternak unggas.

Kapan puyuh jepang masuk ke Indonesia? Beberapa sumber menyebutkan bahwa puyuh jepang masuk ke Indonesia pada saat purang dunia II, yaitu diantara tahun 1907-1941.

Menariknya, di kawasan Asia umumnya puyuh lebih dioptimalkan sebagai puyuh petelur (produk utama telur puyuh), sementara di Eropa dimanfaatkan sebagai puyuh pedaging, artinya produk utamanya adalah daging.

Bagaimana? Menarik bukan sejarah burung puyuh di atas? Nah, kalau kamu punya pengetahuan lain tentang burung puyuh, tuliskan di kolom komentar ya.

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.