Resep Puyuh Bakar Jahe (Paling Enak dan Mudah Dibuat)

Resep Puyuh Bakar Jahe (Paling Enak dan Mudah Dibuat)

Banyak orang yang tidak menyukai daging puyuh atau memasak resep puyuh karena hasilnya sedikit, daging yang a lot dan tulang yang cukup banyak. Namun coba dulu resep puyuh bakar yang satu ini, dijamin bikin ketagihan.

Daging puyuh umumnya didapatkan dari peternak yang jual puyuh afkir karena memang puyuh dalam kondisi ini sudah tidak tepat lagi untuk tetap berada di kandang burung puyuh. Puyuh sudah tidak produktif bertelur.

Bahan Bumbu

bumbu bakar
pixabay.com

Beberapa bahan yang perlu kamu siapkan untuk memasak resep puyuh yang satu ini diantaranya:

  • Gula pasir coklat 1 sendok makan
  • Biji wijen 1 sendok makan
  • Bubuk jahe 2 sendok teh
  • Bubuk ketumbar 2 sendok teh
  • Bubuk wasabi 1 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Minyak zaitun,

Selain itu, tentu saja bahan utama berupa daging puyuh sebanyak 8 ekor dari kelompok ternak burung puyuh terdekat atau bisa juga kamu dapatkan di pasar daging unggas.

Bahan Bumbu Oles Panggang

Kalau kamu sering memanggang atau membakar sate, tentu kamu tidak asing dengan bumbu oles.

Nah, dalam membuat resep ini juga perlu kamu siapkan bumbu oles dengan bahan 1 sendok makan cuka sushi. Pastikan pilih yang bersertifikat halal MUI, sudah beredar luas di Indonesia sebagai pengganti mirin.

Selanjutnya, siapkan pula jahe parut 1 sendok makan, bawang putih cincang 1 sendok makan, minyak wijen 1 sendok teh dan kecap manis 1 sendok teh.

Bumbu Hias dan Bumbu Mentega

bumbu oles
pixabay.com

Dalam hal memasak biasanya diperlukan proses menghias atau garnish. Nah, dalam proses garnish tersebut seringkali diberikan tambahan bumbu mentega.

Kamu bisa memilih untuk menggunakan bumbu mentega atau tidak saat membuat resep puyuh bakar yang satu ini, namun kalau kamu ingin mencoba bumbu mentega, berikut bahan-bahannya.

Gula pasir coklat sebanyak 1 sendok makan, 2 sendok teh kecap manis, serta tentu saja mentega 4 sendok makan. Sementara untuk garnish, kamu hanya perlu merajang tipis daun bawang dengan jumlah sesuai selera. Mudah bukan?

Cara Masak Bumbu Resep Puyuh

resep burung puyuh
thedeerslayerswife.com

Pertama, campur seluruh bahan bumbu dalam mangkuk ukuran sedang, mulai dari gula pasir coklat, biji wijen, jahe, ketumbar, wasabi, dan garam.

Selanjutnya, masukkan daging puyuh yang telah dilumuri minyak zaitun ke dalam campuran bumbu. Ratakan bumbu ke seluruh bagian permukaan dan bagian dalam daging puyuh.

Kedua, tumis seluruh bahan bumbu oles, mulai dari cuka, jahe, bawang putih, minyak wijen, dan kecap. Ketika sudah tercium aroma harum, angkat saus oles dan tempatkan pada wadah kecil yang mudah untuk dicelup kuas oles.

Ketiga, buatlah bumbu mentega dengan cara mencampurkan gula pasir, jahe, dan kecap. Aduk dan campur merata dan diamkan selama 5 menit. Kemudian, tambahkan mentega dan aduk hingga bumbu tercampur dengan sempurna.

Cara Buat Resep Puyuh Bakar Panggang

resep puyuh
grillgirl.com

Keempat, angkat daging puyuh yang telah direndam dan dilumuri bumbu secara merata, kemudian tempatkan di atas alat panggang.

Kamu bisa menggunakan wajan panggang di atas kompor gas, atau alat panggang tradional berbahan bakar arang. Panggang daging puyuh dengan posisi dada puyuh menghadap ke bawah selama 3-4 menit.

Selanjutnya balikkan posisi puyuh dan lumuri bumbu oles pada bagian dada yang kini berada di atas, lalu tempatkan kembali bagian dada dengan posisi kebawah, panggang selama 2 menit.

Ratakan seluruh bumbu oles pada bagian lain, kemudian panggang masing-masing bagian tersebut selama 2 menit.

Proses pelumuran bumbu oles ini dapat kamu lakukan setiap 1 menit pada masing-masing bagian daging puyuh, selama 8-10 menit.

Jadi, setiap bagian puyuh yang menyentuh pemanggang kira-kira akan mendapat olesan sebanyak 8-10 kali. Perlakuan ini diperlukan agar bumbu dapat meresap dan meningkatkan citarasa puyuh panggang bumbu jahe kamu.

Ingat, dalam membuat resep puyuh ini, api yang kamu gunakan tidak boleh terlalu besar atau panas, karena akan menyebabkan daging puyuh menjadi gosong.

Hal ini mengingat daging puyuh tidak cukup tebal sehingga akan mudah gosong jika kontak dengan api besar.

Terakhir, pindahkan puyuh bakar bumbu jahe kamu pada piring saji. Posisikan agar bagian dada puyuh menghadap ke atas, olesi dengan mentega, dan biarkan meleleh.

Taburkan irisan tipis daun bawang yang telah kamu siapkan sebelumnya. Selesai! Hasil resep puyuh bakar bumbu jahe siap disajikan, selamat menikmati!

Kalau kamu lebih tertarik dengan telur puyuh, cobalah resep telur puyuh pilihan kami.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.