13+ Persiapan Pernikahan Impian yang Sempurna (Rekomendasi)

13+ Persiapan Pernikahan Impian yang Sempurna (Rekomendasi)

Banyak informasi mainstream persiapan pernikahan di internet. Namun, disini kamu bisa mendapatkan hal terkait persiapan nikah dari yang paling dasar.

Menikah bukan hanya tentang momen megah dan mewah serta seremonial sakral, bukan juga soal kesederhanaan tanpa tamu undangan. Pernikahan adalah tentang persiapan seumur hidup.

Jadi, buat kamu yang belum kepikiran nikah sama sekali, bagus! Mulai detik ini, siapkan dirimu untuk menjalankan satu momen untuk selamanya, awal mula dari segalanya. Siap?

Persiapan Inti Pernikahan

persiapan nikah
unsplash.com

Siapkan Diri

Tentu saja dalam banyak artikel lain dibicarakan tentang persiapan mental dan psikologis, hal tersebut akan dibahas lebih detil di bagian lain dalam artikel ini. Lalu, apa persiapan diri yang dimaksud disini?

Persiapan akhlak dan agama tentu saja. Barangkali kamu pikir ini semua adalah sesuatu yang klise dan tidak penting. Namun, mari pahami kembali, apa tujuan pernikahan yang akan kita lakukan?

Jika ingin menjadi yang terbaik bagi pasangan kita, bagi anak-anak kita kelak, siapkan akhlak yang mulia dan agama yang genap sempurna. Jalankan segala kewajiban, pelajari dan niatkan seluruh sunnah yang diajarkan.

Siapkan Pasangan

Kalau kamu punya 4 calon, yang satu kaya, yang satunya cantik / ganteng, satunya anak orang penting, dan yang terakhir baik agamanya. Sudah tahu bukan mana yang harus dipilih?

Apa sih indikator baiknya agama calon pilihanmu? Ya tentu kan sebelum menikah kalian harus saling kenal dulu, saling tanya ini itu.

Misalnya saja, bagaimana salatnya, tepat waktu? Di masjid? Salat sunnah? Bagaimana akhlaknya dengan Ibu dan Adik/Kakak perempuan? Lembut dan penuh kasih sayang?.

Bagaimana pergaulannya dengan orang yang lebih tua, atau anak-anak, atau dengan teman seumuran. Tentu saja bagaimana pandangan tentang pernikahan, harapannya tentang rumah tangga impian.

Berbagai hal di atas jauh lebih penting ketimbang sekedar tanya ‘suka musik apa’ atau ‘suka film genre apa’, atau makanan favorit. Itu mah pertanyaan abg labil, sama sekali tidak serius untuk menikah.

Persiapan Mental

persiapan menikah
unsplash.com

Persiapan pernikahan dari sisi psikologis dan mental perlu dipikirkan pada berbagai potensi konflik. Tentu saja saat mempersiapkan diri dan pasangan otomatis kamu mulai menata psikologi. Namun, bukan tidak mungkin ada konflik kejutan.

Katakanlah keluarga besar calon kamu tidak atau kurang sreg dengan kamu. Banyak penyebabnya, mungkin soal finansial, pendidikan, atau justru sikap kamu.

Kalau sudah begini, banyak komunikasi yang perlu dibangun. Bagaimanapun, menikah bukan hanya tentang kamu dan dia, tetapi seluruh keluarga kalian. Dan tiap keluarga besar ada masalah terselubung masing-masing.

Kamu sudah siap menanggung segala apapun maslah yang dihadapi antar keluarga, baik keluargamu atau keluarga pasanganmu? Karena begitulah pernikahan, dan jangan takut, karena berdua dengannya lebih baik, bukan?

Persiapan Seremonial

persiapan pernikahan
unslpash.com

Mau bagaimanapun bentuknya, pernikahan tetap sebuah prosesi yang sakral

Entah itu mewah atau sederhana, entah berhari-hari seremoninya atau hanya satu dua jam lamanya, pernikahan tetap separuh dari hidup kita. Karena pernikahan menggenapkan agama kita.

Nah, maka kamu bisa mulai mencicil beberapa hal teknis persiapan pernikahan berikut ini.

Perawatan Diri

persiapan pernikahan
unsplash.com

Saat ini, banyak calon pengantainag perempuan yang melakukan berbagai perawatan kecantikan mulai 3 bulan, 2 bulan dan 1 bulan menjelang pernikahan. Kadang hal-hal semacam ini justru melelahkan.

Hal yang lebih penting adalah kamu mesti memanjakan diri pada perawatan yang menenangan. Misalnya spa dengan berbagai bahan alami dan aroma terapi sesuai preferensi kamu. Dan tentunya jangan lupa makan teratur.

Ada juga yang berpendapat bahwa tanaman herbal, konsumsi jamu, daun sirih dan daun kemangi penting untuk calon pengantin. Terutama dalam menghilangkan bau tidap sedap pada mulut dan keriangat badan.

Biaya Pernikahan

persiapan pernikahan
unsplash.com

Persiapan finansial untuk membiayai pernikahan umumnya lebih berat pada keluarga perempuan, karena di Indonesia lazimnya akad nikah di rumah keluarga perempuan. Namun, tentu pihak laki-laki juga mesti paham.

Artinya, pihak mempelai lelaki juga mesti menyiapkan dana untuk diberikan kepada keluarga – diluar segala kebutuhan mahar. Hal ini tentu sebagai pengertian dan bentuk komunikasi yang baik antar keluarga.

Pada pernikahan modern, malah umumnya mayoritas dana yang digunakan adalah sumber finansial si calon penganting laki-laki dan perempuan. Hal tersebut biasanya dilakukan akan lebih mudah dan nyaman dalam mengatur konsep resepsi.

Jadi sesuaikan saja dana yang kamu miliki untuk beberapa hal berikut ini:

  • Biaya petugas KUA yang datang ke rumah,
  • Biaya keamanan lingkungan,
  • Sewa tenda atau gedung,
  • Biaya media dokumentasi dan hiburan resepsi,
  • Cetak undangan,
  • Souvenir pernikahan, dan
  • Sewa atau pembuatan busana pengantin.
  • Sediakan photobooth dan space kosong untuk menampung segala ucapan pernikahan tulus dari tamu undangan.
  • Jangan lupa meja khusus untuk menampung seabrek kado pernikahan yang akan kamu dapat.

Untuk kamu para lelaki, satu lagi biaya yang harus dipersiapkan. Biaya belanja mahar, baik tunai maupun barang, dan biaya souvenir atau hantaran saat prosesi akad. Banyak? Tentu saja bisa kamu potong sana sini, sesuaikan sendiri.

Persiapan Rumah Tangga

persiapan kawin
unsplash.com

Penting bagi kalian untuk memandang lebih jauh ke depan. Tentu semua orang ingin momen pernikahan menjadi saat-saat pertama, satu-satuanya, dan terakhir kalinya. Maka lumrah saja jika merasa wajar jor-joran menyelenggarakannya.

Akan tetapi, hidup masih panjang kawan, rumah tangga jauh lebih penting sekedar perhelatan perayaan sehari dua hari. Jangan habiskan tabungan untuk persiapan pernikahan, akad dan resepsi.

Lebih dari itu, cukupkan tabungan untuk berlayar dengan bahtera rumah tangga. Banyak yang harus dihitung ulang, biaya rumah, biaya mengandung – persalinan – bayi, biaya sekolah anak. Jadi ya, tabung apapun saja mulai sekarang.

Bagaimana? Lengkap bukan? Kalau kamu punya ide dan pendapat lain tentang persiapan pernikahan lainnya, jangan segan untuk menuliskannya di kolom komentar. Selamat menikah, kamu! Iya kamu!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.