3 Manfaat Telur Puyuh yang Tak Terduga (Untuk Kesehatan)

Siapa tidak pernah makan telur puyuh? Tidak hanya enak sebagai pelengkap kudapan maupun lauk, telur puyuh juga bergizi.

Manfaat Telur Puyuh Untuk Ibu Hamil

Telur puyuh dapat memberikan berbagai pengaruh yang baik untuk ibu hamil, diantaranya

  • Mencegah sindrom baby blues
  • Mencegah perubahan warna kulit atau sering juga disebut hiperpigmentasi
  • Meminimalisir gangguan pencernaan yang berpotensi menimbulkan luka pada usus
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mencegah diabetes pada ibu hamil atau gestasional diabetes

Manfaat Telur Puyuh Untuk Bayi

manfaat telur puyuh
june.xyz

Bukan saja untuk anak-anak dan orang dewasa, ada juga manfaat telur puyuh untuk bayi. Apalagi jika bayi punya alergi makan telur ayam.

Telur puyuh bisa menjadi alternatif pilihan untuk memenuhi asupan gizi protein hewani sang buah hati.

Telur puyuh umumnya diolah sebagai campuran sayur, dibumbu telur puyuh kecap atau sekedar direbus matang dan dimakan langsung. Namun untuk bayi, sebaiknya mengkonsumsi makanan ini mulai umur 9 bulan.

Bisa dicoba dengan mulai makan kuning telurnya saja, lalu makan telur puyuh utuh pada usia 1 tahun. Mengapa demikian? Dikhawatirkan sistem pencernaan bayi belum memadai untuk mencerna keseluruhan makanan ini.

Sumber Energi

Dari hasil riset yang ada, dalam 100 gram telur puyuh mengandung energi sebesar 168 kkal.

Meskipun jumlahnya tidak sebesar kandungan energi pada nasi atau ketela, manfaat telur puyuh yang satu ini sekaligus berperan dalam menambah asupan energi harian.

Lebih dari itu, bayi membutuhkan nutrisi yang lebih banyak untuk tumbuh kembangnya. Telur puyuh juga mengandung protein, lemak dan karbohidrat yang dapat berperan sebagai cadangan energi untuk si kecil.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

manfaat telur puyuh untuk bayi
luke-sutton.co.uk

Telur puyuh kaya akan zat gizi berupa protein. Bahkan menurut penelitian kandungan protein telur puyuh (13,1 g/100 g) lebih tinggi daripada protein telur ayam ras (12,7 g/100 g).

Di bagian kuning telurnya saja, mengandung protein sebesar 15,7-16,6%.

Manfaat telur puyuh untuk bayi ditinjau dari kandungan protein diantaranya pembentukan jaringan sel, membantu proses pembentukan darah, cadangan sumber energi serta meningkatkan kecerdasan otak.

Untuk memberikan telur puyuh pada bayi dapat dengan cara menambahkan kuning telur matang pada makanan pendamping asi (MPASI) bayi.

Menyehatkan Mata

manfaat telur puyuh
infantsee.org

Vitamin A juga termasuk salah satu manfaat telur puyuh untuk bayi, kandungannya sebesar 543 µg per 100 gram sajian. Vitamin A baik bagi kesehatan mata, terutama untuk penyempurnaan jaringan mata pada bayi.

Asupan vitamin A yang cukup sejak dini menghindarkan bayi dari beragam penurunan fungsi mata. Selain itu, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memelihara kesehatan jaringan kulit.

Pembentuk Jaringan Tulang dan Gigi

manfaat telur puyuh bagi bayi
parents.com

Tidak hanya zat gizi makro dan vitamin saja yang dapat bunda temukan dalam telur puyuh. Manfaat telur puyuh untuk bayi juga didapat dari kandungan mineralnya yang tinggi.

Fosfor menjadi kandungan mineral tertinggi dalam telur puyuh. Jumlahnya sebanyak 226 mg per 100 g. Telur puyuh juga mengandung kalsium sebesar 64 mg per 100 g.

Kedua mineral ini berperan dalam pembentukan jaringan tulang dan gigi, membantu proses penggumpalan darah, serta membantu pembentukan sel dan jaringan.

Menjaga Keseimbangan Metabolisme

manfaat telur puyuh pada bayi
menshealthindia.com

Kalium menjadi zat gizi mineral tertinggi kedua yang terkandung dalam telur puyuh. Dalam 100 g telur puyuh terdapat 132 mg kalium.

Dengan adanya mineral ini, manfaat telur puyuh untuk bayi diantaranya adalah aktivasi enzim dalam penggunaan asam amino untuk pembentukan protein baru dan juga menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh.

Pembentukan Darah

manfaat telur puyuh untuk balita
medicalnewstoday.com

Mineral zat besi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain berperan penting dalam pembentukan darah, zat besi berfungsi pada detoksifikasi racun di hati.

Lebih dari itu, zat besi berkontribusi dalam pembentukan hemoglobin protein dan mempercepat reaksi betakaroten menjadi vitamin A.

Zat besi juga dapat menghilangkan lemak dalam darah. Pada telur puyuh, terkandung zat besi sebesar 3,65 mg dalam 100 g bahan. Dengan adanya mineral zat besi ini, manfaat telur puyuh untuk bayi jadi makin lengkap bukan?

Manfaat Telur Puyuh Bagi Tubuh

Telur puyuh juga digadang-gadang dapat mencegah kanker dan penuaaan dini. Selain itu di Cina telur puyuh dipercaya dapat mengobati asma dan TBC.

Dalam sumber lain, telur puyuh juga dikatakan dapat menghilangkan batu ginjal, batu liver dan batu kantung empedu.

Nah, banyak sekali ternyata manfaat telur puyuh untuk kesehatan. Yuk, mulai mengkonsumsi telur puyuh dari sekarang! Coba ulasan resep telur puyuh berikut ini.

Buat kamu yang sedang mengembangkan usaha ternak burung puyuh, pelajari cara memilih makanan burung puyuh berikut ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.