Cara Memilih Makanan Burung Puyuh (Terbukti Produktif)

Cara Memilih Makanan Burung Puyuh (Terbukti Produktif)

Peternak yang bijak tentu akan memilih makanan burung puyuh yang tepat. Baik dari segi nutrisi untuk burung puyuh maupun dari sisi harga dan efektifitas produksi telur puyuh. Berikut beberapa tips dan triknya.

Komposisi Nutrisi Makanan Burung Puyuh

Karbohidrat

pakan burung puyuh
fishingproductsandmore.com

Dalam komposisi pakan puyuh produksi pabrik pakan ternak, kandungan karbohidrat umumnya tidak ditulis secara eksplisit dan lengkap.

Kandungan yang tertera biasanya berupa serat kasar. Kadar serat kasar pada pakan puyuh produksi pabrik pakan ternak kurang lebih sebesar 6%.

Adanya karbohidrat dalam pakan puyuh produk pabrik pakan ternak berfungsi sebagai sumber energi segala kegiatan gerak burung puyuh.

Mulai dari bernapas, perbaikan sel dan jaringan rusak, regenerasi sel dan jaringan baru, mengatur suhu tubuh, hingga tenaga dalam mencerna makanan.

Bahan pakan diluar dari pabrik pakan ternak yang dapat kamu gunakan sebagai campuran karbohidrat adalah tepung jagung, dedak padi, serta tepung umbi dan ketela.

Protein

pakan puyuh petelur
gardenisto.com

Kebutuhan protein pada ternak puyuh berfungsi dalam hal bahan utama yang membentuk seluruh jaringan tubuh burung puyuh.

Mulai dari jaringan organ, sel, otot, tulang, syaraf, otak, pencernaan, hingga telur puyuh yang menjadi produk utama ternak puyuh petelur.

Pada puyuh masa starter (0-4 minggu), ketersediaan protein dalam pakan puyuh akan mempengaruhi pertumbahan puyuh yang normal.

Sementara itu pada burung puyuh grower (4 minggu ke atas), jumlah protein yang diasup dari pakan puyuh produksi pabrik pakan ternak berpengaruh besar dalam produksi telur puyuh dan ketahanan hidup puyuh petelur.

Nah, umumnya pabrik pakan ternak membuat formulasi pakan dengan kandungan protein sebesar 19-22%.

Kalau kamu ingin membuat pakan puyuh sendiri atau sekedar mencampur pakan dengan bahan pakan yang lain, kamu bisa memilih bahan pakan yang memiliki kadar protein tinggi.

Diantara berbagai bahan pakan yang tinggi protein adalah tepung daging, tepung ikan, bungkil kedelai, bungkil kacang tanah, kacang hijau dan kedelai.

Lemak

Kandungan lemak pada pakan puyuh produksi pabrik pakan ternak secara umum berkisar antara 4-7%. Fungsi lemak dalam metabolisme umumnya sebagai regulator atau pengaturan produksi hormon.

Hormon yang berperan dalam hal ternak puyuh petelur berhubungan dengan produksi telur puyuh, terutama dalam proses awal pembentukan telur puyuh.

Mineral

pakan ternak puyuh
eatthismuch.com

Kandungan mineral dalam pakan puyuh produk pabrik pakan ternak direpresentasikan dalam komposisi kadar abu, kalsium (Ca), dan fosfor (P).

Pada umumnya, kandungan ketiga mineral tersebut sekitar 13% (kadar abu), 2,7-3,3% (kalsium Ca), dan 0,6-0,8% (fosfor P).

Kandungan mineral berperan besar dalam pembentukan tulang dan kulit atau cangkang telur puyuh.

Manfaat telur puyuh sangat banyak bagi kesehatan. Selain itu, adanya mineral dalam pakan puyuh juga berfungsi sebagai penunjang dalam metabolisme ternak burung puyuh petelur.

Seringkali ditemui hasil cangkang telur yang kurang kuat, sebagai solusi para peternak biasanya menambahkan serpihan batu kapur sebagai tambahan mineral untuk memperkuat cangkang telur puyuh yang dihasilkan.

Vitamin

pakan ternak burung puyuh
health2000.co.nz

Komposisi vitamin memang tidak ditampilkan pada kemasan pakan puyuh produksi pabrik pakan ternak.

Hal inilah yang seringkali membuat peternak puyuh petelur menggunakan vitamin tambahan, terutama untuk mencegah dan melindungi puyuh petelur dari serangan penyakit.

Umumnya vitamin tambahan diberikan oleh peternah puyuh dengan cara dicampurkan dengan air minum maupun pakan puyuh. Cara memberikan vitamin dapat kamu baca di cara ternak burung puyuh.

Terdapat dua jenis vitamin dengan waktu pemberian yang berbeda.

  • Vitamin yang diberikan pada puyuh saat minggu pertama masuk kandang siap telur.
  • Vitamin yang diberikan pada saat tertentu selama pemeliharaan, tujuannya untuk meminimalisir dan menghilangkan stress yang dialami oleh ternak puyuh petelur.

Pada musim atau cuaca yang kurang baik, puyuh sangat mudah terkena infeksi atau penyakit, pada masa inilah vitamin diberikan.

Selain itu jika puyuh dipindahkan pada kandang baru, mengalami pergantian jenis pakan, atau saat-saat paska vaksinasi puyuh petelur juga perlu diberikan asupan vitamin tambahan.

Selain komposisi nutrisi makanan burung puyuh, beberapa hal teknis dibawah ini juga harus kamu pertimbangkan dalam memilih pakan puyuh petelur kamu.

Memilih Makanan Burung Puyuh

Amati Perubahan Harga Pakan Puyuh Pabrikan

harga pakan puyuh
sieradproduce.com

Harga pakan burung puyuh petelur bisa sangat bervariasi di tiap daerah, hal ini dikarenakan lokasi peternak belum tentu dekat dengan pabrik produksi pakan puyuh.

Biaya pakan menjadi meningkat karena terdapat rantai distribusi yang cukup jauh adri pabrik hingga ke toko pakan peternakan terdekat.

Pakan burung puyuh petelur biasanya berkisar pada harga 250 ribu hingga 325 ribu rupiah per sak pakan. Satu sak pakan puyuh umumnya memiliki berat 50 kg.

Meskipun demikian, pakan sebanyak itu hanya cukup untuk memenuhi asupan pakan burung puyuh petelur selama 3 hingga 4 hari – dengan asumsi puyuh yang diberi makan sebanyak 500 ekor.

Jumlah burung puyuh sebanyak 500 ekor adalah angka yang umum dimiliki oleh peternak pemula. Untuk peternak dengan kategori sedang bahkan memiliki kandang burung puyuh petelur dengan kapasitas hingga 7500 ekor.

Siasati Dengan Menghemat Pakan Puyuh

pakan puyuh tambahan
gandbranch.com

Pakan burung puyuh pabrikan umumnya diproduksi oleh perusahaan pakan besar seperti Charoen Phokpand, Japfa Comfeed, Wonokoyo.

Selain ketiga perusahaan besar produsen pakan puyuh tersebut ada juga produsen pakan puyuh lainnya seperti PT Mulia Profeed di Purwodadi dan Sierad FeedPlus di Jakarta.

Kandungan nutrisi makanan burung puyuh pabrikan umumnya berupa:

  • Protein kasar (19-21%)
  • Serat kasar (6%)
  • Air (12%)
  • Lemak (4-7%)
  • Abu (13%)
  • Kalsium (2,7-3,3%)
  • Fosfor (0,6-0,8%)

Setiap produsen memiliki komposisi yang berbeda, ada pula produsen pakan puyuh yang mencantumkan kandungan protein kasar 22% dan kalsium 4%.

Salah satu cara untuk menghemat penggunaan pakan adalah dengan membuat formulasi pakan puyuh sendiri atau mencampur pakan puyuh pabrikan dengan bahan campuran bubuk jagung dan bekatul.

Dalam beberapa penelitian juga digunakan tepung daun pepaya, tepung daun sukun, onggok dan ampas tahu sebagai bahan campuran pakan puyuh petelur.

Bandingkan Produktivitas Telur Puyuh

countrysidenetwork.com

Para peternak burung puyuh petelur yang telah bertahun-tahun menekuni usaha bisnis puyuh petelur umumnya telah paham pakan yang mana yang akan digunakan.

Hal tersebut didasarkan dari pengalaman bahwa penggunaan pakan dari bulan ke bulan bisa sangat berbeda merk dan jenisnya.

Seringkali pakan yang digunakan mahal namun produksi telurnya tidak maksimal, kadangkala dengan pakan puyuh harga murah justru rerata produksi telur puyuh malah meningkat.

Antar peternak sangat lazim saling berbagi informasi mengenai pakan puyuh produksi pabrik mana yang harus digunakan.

Hal ini penting agar produksi telur puyuh tetap dapat memenuhi permintaan pasar yang semakin lama semaki tinggi. Pakan puyuh juga sangat mempengaruhi kualitas cangkang dan isi telur.

Sangat sering ternjadi kerugian karena telur puyuh mudah pecah atau kenampakan warna putih pada telur yang cenderung gelap. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium oleh burung puyuh petelur.

Itulah mengapa diperlukan pakan puyuh yang benar-benar memiliki kandungan kalsium yang cukup sehingga dapat meningkatkan kualitas telur puyuh.

Saat puyuh tidak lagi produktif bertelur, satu-satunya jalan adalah dengan cara jual puyuh afkir. Kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih dari cara ini.

Nah, sekarang giliran kamu untuk benar-benar menjalankan usaha peternakan puyuh dengan berbagai tips dan trik pakan puyuh diatas. Selamat beternak!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.