Kandang Burung Puyuh Untuk Ternak Produktif (Terbaik)

Kandang Burung Puyuh Untuk Ternak Produktif (Terbaik)

Banyak hal yang bisa kamu pelajari tentang sejarah burung puyuh sebelum menjadi komoditas peternakan. Salah satunya terkait kandang burung puyuh.

Dalam artikel ini, kami ingin mencoba menjadi salah satu referensi dalam hal kandang burung puyuh yang cocok buat kamu dalam memulai bisnis ternak puyuh petelur. Berikut ulasan lengkapnya, pelajari dengan baik ya.

Kandang Burung Puyuh yang Baik

kandang burung puyuh petelur
videoblocks.com

Setelah memahami cara budidaya ternak burung puyuh yang baik, kamu juga harus memperhatikan cara membuat kandang yang baik agar pakan dapat diasup secara maksimal.

Kandang burung puyuh harus memenuhi kriteria berikut: menjamin lingkungan yang nyaman bagi puyuh, menjamin sirkulasi udara dan paparan cahaya yang baik, dan menjamin puyuh dari kondisi cuaca yang ekstrim.

Lebih dari itu, ukuran kandang puyuh harus dibuat dengan jarak dan hitungan yang sesuai, perbedaan ruang dan ukuran untuk puyuh dewasa dan bibit puyuh serta manajemen limbah kotoran puyuh dan air kencing (urine) puyuh.

Kandang bibit puyuh dalam masa pembesaran harus memiliki sumber panas sebagai penghangat bibit puyuh. Dapat berupa pemanas listrik, lampu bohlam, lampu minyak, lampu batubara, lampu infrared, atau kompor gas.

Jenis Kandang

Kandang Puyuh Baterai Modern, Tempat Minum Manual

kandang bibit puyuh
juraganpuyuh.com

Kandang puyuh baterai kerap juga disebut kandang puyuh modern, hal ini karena kandang dapat dibuat dengan jenis bahan yang cukup bervariasi atau fleksibel.

Umumya kandang puyuh baterai atau kandang puyuh modern dibuat dengan bahan kawat kasa, kawat ram, dan kawat strimin.

Jenis kandang puyuh baterai umumnya digunakan sebagai kadang puyuh berumur satu hingga tujuh hari. Standar ukuran kandang dapat disesuaikan dengan banyaknya burung puyuh yang akan dipelihara dalam kandang tersebut.

Rumus panjang kali lebar kandang dibagi 200 cm sama dengan jumlah puyuh. Misalnya dengan panjang 80 cm dan lebar 60 cm, maka jumlah burung puyuh yang direkomendasian adalah 24-25 ekor.

Kelebihannya adalah produksi telur maksimal karena kecukupan air, kematian puyuh dapat ditekan karena obat dan vitamin telah dicampur dalam minuman, serta menekan menyebarnya bakteri air liur burung puyuh.

Sedangkan kekurangannya adalah waktu yang dibutuhkan cukup banyak untuk mengganti air minum, serta kotoran puyuh yang cenderung basah sehingga menimbilkan bau.

Kandang Puyuh Susun Tempat Minum Nipel

macam kandang puyuh
bukalapak.com

Desain tempat minum yang satu ini dinamakan tempat minum nipel atau nipple karena berbentuk seperti mangkuk minum tersendiri pada tiap kandang.

Kelebihannya adalah aliran air dilakukan secara otomatis, sehingga peternak hanya perlu memastikan pakan puyuh dalam keadaan yang cukup. Selain itu, kotoran burung puyuh berupa kotoran kering.

Sementara kelemahan desain kandang puyuh susun tempat minum nipel ini adalah umumnya tingkat kematian burung puyuh petelur cukup tinggi.

Hal tersebut disebabkan oleh adanya persaingan dalam meminum pada nipel yang telah disediakan, puyuh yang sakit umumnya akan enggan bergerak untuk sekedar mematuk atau meminum pada tempat minum nipel.

Kandang Puyuh Tangga

kandang puyuh tangga
peternakpuyuh.blogspot.com

Kandang puyuh dengan desain menyerupai tangga memiliki fungsi secara spesifik untuk menunjang produktivitas burung puyuh petelur.

Kelebihannya dapat memaksimalkan sirkulasi udara dalam kandang utama, menekan kadar amoniak yang ada dalam kandang, dan meningkatkan produksi telur puyuh karena pencahayaan pada kandang lebih merata.

Namun, lahan yang diperlukan untuk beternak burung puyuh petelur semakin luas, hal tersebut berimbas pada biaya investasi yang meningkat, dan isi kandang puyuh tangga lebih sedikit dibandingkan dengan kandang puyuh susun.

Ukuran Kandang

Ukuran Kandang Bibit Puyuh Anakan

ukuran kandang bibit burung puyuh
juraganpuyuh.com

Kandang pembesaran dapat berupa jenis kandang bok atau kandang litter.

Bedanya, bagian alas kandang bok harus diberi lembar kertas koran (sekitar 7 lembar) atau kertas semen (kira-kira 3 lembar). Sebelumnya, kepal kertas yang ditempatkan paling atas agar tidak licin sebagai alas kandang.

Sementara alas kandang litter harus dilengkapi bulir-bulir kulit padi atau sekam dengan ketebalan sekira 5 cm. Selain itu, tambahkan kertas koran atau kertas semen dengan jumlah yang telah dijelaskan di atas.

Ukuran kandang puyuh anakan yang ideal adalah mampu menampung maksimal 100 ekor anakan setiap 1 m2. Artinya kamu bisa membuat ukuran kandang puyuh dengan dimensi 100 x 100 cm.

Sementara tinggi kandang dapat bervariasi antara 10-20 cm. Dalam 1 m2 kandang puyuh bibit ini harus kamu sediakan setidaknya 1 buah tempat pakan dan 1 buah tempat minum.

ukuran kandang anak puyuh
facebook.com

Ukuran kandang puyuh ini juga saling berkaitan dengan suhu kandang yang harus diatur secara tepat. Suhu yang tepat untuk bibit puyuh DOQ hingga usia puyuh 7 hari adalah 36-38ºC.

Anakan puyuh dalam kondisi ini hanya memiliki berat sekitar 10 gram, itulah mengapa bibit puyuh sangat memerlukan kehangatan kandang.

Jika kondisi kandang mengalami penurunan suhu sedikit saja, tingkat kematian bibit puyuh akan meningkat drastis. Tentunya kematian bibit puyuh adalah hal yang sangat tidak diinginkan peternak.

Untuk menunjang harapan hidup bibit puyuh selama masa kritis (usia 1-3 hari), pakan yang digiling halus dapat disebar di lantai atau ditaruh pada tempat pakan.

Air minum yang digunakan harus berupa air gula dengan jadwal pemberian tiap pagi, sedangkan sore hari diberikan air minum yang telah ditambah dengan vitamin pertumbuhan bibit puyuh.

Siap untuk memulai pembesaran bibit puyuh DOQ? Jangan lupa untuk memperhatikan berbagai standar ukuran kandang puyuh di atas ya. Selamat membesarkan bibit puyuh!

Ukuran Kandang Puyuh Siap Telur

ukuran kandang puyuh siap telur
tamarakenneallyphotography.com

Kandang puyuh yang akan dibahas dalam artikel ini adalah jenis kandang susun. Salah satu contoh variasi ukuran kandang puyuh adalah dengan panjang 180 cm dan lebar 30 cm, sementara tinggi kandang sekitar 10-20 cm.

Model kandang susun seperti ini dapat kamu buat dengan bentuk 6 susun, sementara jeda atau jarak antar kandang sekira 8-10 cm.

Pada bagian bawah kandang dapat kamu sisipkan papan atau kertas kardus penampung kotoran puyuh sehingga mudah dibersihkan.

Sedangkan pada bagian depan kandang dapat kamu buat penampung pakan yang bentuknya memanjang, bisa berupa paralon bekas, atau kayu lempeng. Selain penampung kotoran, bagian bawah kandang juga didesain agak miring.

Desain alas kandang yang miring difungsikan agar telur puyuh dapat menggelinding ke tempat penampungan telur dengan aman. Contoh ukuran kandang puyuh lainnya, kamu bisa membuat kandang puyuh dengan ukuran 90 x 60 x 20 (cm).

kandang burung puyuh petelur
videoblocks.com

Kandang puyuh dengan ukuran 90 x 60 x 20 (cm) dapat kamu gunakan untuk burung puyuh petelur sebanyak 25 ekor. Dalam contoh lain disebutkan bahwa kandang dengan luas 1 m2 cukup untuk kandang puyuh petelur sebanyak 40 ekor.

Ukuran kandang puyuh lainnya dengan detil panjang x lebar x tinggi: 62 x 50 x 26 (cm), menurut penelitian dapat menampung puyuh petelur sebanyak-banyaknya 12 ekor.

Beberapa ukuran kandang puyuh lainnya dengan standar tujuan yang sama diantaranya kandang puyuh berukuran 80 x 40 x 30 (cm). Selain itu ada juga peternak yang menggunakan kandang puyuh dengan ukuran 100 x 50 x 35 (cm).

Pertimbangan Membuat Kandang Burung Puyuh

Kandang puyuh tidak bisa diadakan dengan tanpa aturan, sebagai peternak pemula kamu mungkin akan bingung. Beberapa pertimbangan ini harus kamu cermati sebelum memutuskan untuk membuat kandang burung puyuh.

  • Lokasi yang tenang.  Lokasi kandang harus jauh dari keramaian, sehingga sebisa mungkin jauh dari pemukiman padat penduduk.
  • Kapasitas kandang tidak terlalu padat, cukup 25 – 40 ekor burung puyuh.
  • Bentuk kandang proporsional.
  • Sirkulasi udara teratur.
  • Aman dari ancaman pemangsa seperti kucing, tikus, atau ular.
  • Dekat dengan sumber air.
  • Suhu dan kelembapan terkontrol.

Puyuh yang tidak lagi produktif bertelur umumnya dijual sebagai puyuh afkir, atau kalau kamu ingin memasaknya sendiri kamu bisa mencoba resep puyuh bakar berikut ini.

Nah, sekarang giliran kamu menentukan ukuran kandang puyuh yang mana paling cocok dengan jumlah dan kondisi lokasi kandang puyuh petelur kamu. Selamat membuat kandang puyuh petelur!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.