Harga Burung Puyuh di Berbagai Jenjang Usia (Terlengkap)

Harga Burung Puyuh di Berbagai Jenjang Usia (Terlengkap)

Dalam artikel ini kamu bisa mempelajari kisaran harga burung puyuh di berbagai jenjang usia. Kamu bisa menentukan ingin memulai ternak burung puyuh pada usia ternak tertentu.

Harga Burung Puyuh DOQ

harga bibit puyuh
youtube.com

Untuk kamu yang sama sekali belum paham apa maksudnya burung puyuh Day Old Quail (DOQ), DOQ adalah burung puyuh berumur 1 hari, atau burung puyuh yang baru saja menetas dari telur.

Para peternak puyuh petelur pemula umumnya mendapatkan burung puyuh DOQ dari perusahaan penetas puyuh atau peternak besar yang telah memiliki alat penetas telur.

Harga burung puyuh DOQ umumnya berada pada kisaran Rp 3.500,-

Untung rugi mengenai DOQ cukup banyak, para peternak besar memang dapat menjual burung puyuh DOQ dan memastikan stok bibit puyuh petelur mereka tetap tersedia.

Namun biaya yang dikeluarkan untuk listrik alat penetas telur puyuh juga tidak sedikit, potensi kematian bibit puyuh juga cuku tinggi. Selain itu, makanan burung puyuh pada ternak usia ini perlu diatur lebih teliti.

Itulah mengapa kamu sebagai peternak pemula sebaiknya memang membeli burung puyuh DOQ dari supplier ketimbang membeli alat penetas telur puyuh.

Harga Puyuh Usia 21 Hari

harga burung puyuh siap telur
joelsartore.com

Kalau kamu hanya ingin beternak puyuh dengan resiko rendah, pilihan membeli burung puyuh dengan usia 21 hari adalah hal yang tepat. Bibit puyuh yang diperlukan juga tidak membutuhkan perawatan khusus.

Mengapa? Karena kamu tidak akan mendapati berbagai potensi kerugian dari pembesaran burung puyuh DOQ. Burung puyuh DOQ memang sangat mudah mati jika tidak ditangani dengan standar dan pengawasan yang intensif.

Jika kamu cukup membeli burung puyuh usia 21 hari dari peternak puyuh yang telah berpengalaman, kamu hanya perlu melakukan perawatan puyuh secara umum hingga burung puyuh mulai bertelur pada usia 35-40 hari.

Harga burung puyuh usia 21 hari sekitar Rp 5.500,-

Harga Puyuh Siap Telur, Usia 40 Hari

harga burung puyuh petelur
pixfeeds.com

Kalau kamu bukan tipe yang cukup sabar menunggu ternak puyuh kamu mulai bertelur, kamu bisa membeli bibit puyuh petelur pada usia 35-40 hari.

Dalam waktu yang cukup cepat, tidak mencapai 1 minggu, kamu akan langsung dapat memanen telur puyuh dan mulai menjalankan sistem penjualan telur puyuh kamu.

Panen telur puyuh akan terus kamu dapatkan selama 12 hingga 18 bulan, artinya setiap hari selama 1,5 tahun kamu bisa merasakan bagaimana keuntungan usaha ternak burung puyuh petelur.

Satu kekurangan dalam skema pembelian yang satu ini memang terletak pada harga burung puyuh yang relatif mahal. Harga burung puyuh siap telur, atau usia 35-40 hari rata-rata Rp 8500,-

Lho, bagaimana dengan harga burung puyuh pada jenjang umur lainnya? Misalnya usia 2-7 hari, 8-14 hari, 15-21 hari, atau 22-40 hari?

Para peternak puyuh umumnya hanya menggunakan 3 patokan jenjang usia puyuh seperti yang telah dijelaskan dalam artikel ini.

Hal tersebut karena proses perawatan burung puyuh pada usia 2-7 hari, 8-14 hari, 15-21 hari, atau 22-40 hari relatif sama dengan jenjang usia yang telah ada.

Katakanlah burung puyuh usia 2-7 hari perawatannya tidak jauh beda dengan bibit puyuh DOQ, begitu juga dengan usia 8-14 hari. Pada usia tersebut hanya terdapat sedikit perbedaan dalam perlakuan suhu.

Hal yang sama juga berlaku pada burung puyuh usia 15-30 hari, perawatannya memang jauh lebih mudah dari burung puyuh usia dibawahnya.

Namun perbedaan harga yang ditawarkan dari supplier bibit puyuh petelur tidak cukup besar. Itulah yang menyebabkan banyak peternak pemula yang memulai usahanya dari burung puyuh usia 21 hari.

Perbedaan harga yang cukup besar ada pada burung puyuh usia 40 hari, namun keuntungannya adalah kepastian bahwa ternak puyuh dapat segera bertelur dalam waktu dekat.

Bagaimana? Manakah pertimbangan yang kamu pilih dalam memulai usaha bisnis ternak burung puyuh petelur? Kalau kamu punya pengalaman dan pendapat lain, jangan segan untuk saling berceritera di kolom komentar.

Selamat memilih harga buruung puyuh!

1 thought on “Harga Burung Puyuh di Berbagai Jenjang Usia (Terlengkap)”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.