17+ Doa Pernikahan Pilihan yang InsyaAllah Mustajab (Berkah)

Setiap momen pernikahan, tentu kedua pengantin beserta keluarganya mengharap doa pernikahan yang tulus agar menjadi keluarga bahagia.

Keluarga yang dilimpahi keberkahan, senantiasa bersyukur saat berlebih maupun kekurangan. Begitu pentingnya doa yang mengiringi kedua mempelai menuju gerbang rumah tangga dunia akhirat.

Doa juga salah satu adab pernikahan. Mendoakan orang yang menikah selain bentuk kepedulian dan kasih sayang kita, dan sikap pasrah kepada Tuhan agar merahmati kehidupan pengantin dalam suka maupun duka.

Doa Pernikahan Islam

doa nikah
unsplash.com

Jangan hanya memberi kado pernikahan, karena doa yang tulus jauh lebih utama. Doakan agar Tuhan senantiasa memberikan berkah, karena itulah yang diharapkan semua orang.

Tujuan pernikahan adalah keberkahan dalam hidup, bukankah demikian? Maka pahami dulu persiapan pernikahan yang harus kamu penuhi.

Doa merupakan amalan sunnah karena semasa hidup Nabi Muhammad SAW, ketika ada yang menikah, beliau mengucapkan selamat lalu mendoakannya.

Dalam islam, kita biasanya mendoakan kedua mempelai supaya menjadi keluarga sakinnah, mawaddah wa rahmah. Ada beberapa contoh ucapan doa nikahislami berikut ini bisa menjadi referensi bagi kamu!

Riwayat Abu Dawud

Doa yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW seperti, “Barakallahu laka, wa baraka ‘alayka wa jama’a baynakuma fii khayr”.

Artinya, mudah-mudahan Allah SWT memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan (HR. Abu Dawud).

Riwayat Ahmad

Selain itu doa lain yang dianjurkan diucapkan saat momen pernikahan yaitu, “Allahummaghfirlahum warkhamhum wa baarikhlahum fiimaa razaqtahum”.

Artinya adalah ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka (HR. Ahmad).

Riwayat Muslim

Sedangkan dalam riwayat Imam Muslim, di lafadzkan dengan “Allahumma baarikhlahum fiimaa razaqtahum waghfirlahum warkhamhum”.

Artinya hampir sama yaitu, ya Allah, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, ampunilah mereka dan sayangilah mereka (HR. Muslim).

Doa Setelah Ijab

Umumnya doa ini termasuk dalam adab malam pertama, namun tentu tidak ada yang melarang untuk mengucap doa ini setelah ijab bukan?

Apalagi sambil memasangkan cincin pernikahan, lantas mengecup dan mengelus mesra kening istri tercinta. Romantis tingkat fantantis dong.

“Allahumma inni as’aluka min khairiha wa khairi ma jabaltuha ‘alaih, wa a’udzubika min syarriha wa syarri ma fiha wa syarri ma jabaltuha ‘alaih” 

Artinya, “Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada mu kebaikannya (isteri) dan kebaikan apa yang saya ambil dari padanya, serta aku berlindung kepadaMu dari kejahatannya dan kejahatan apa yang ada di dalamnya juga dari kejahatan dari apa yang aku ambil daripadanya” (HR. Abu Dawud, Nasai dan Ibn Majah)”

Doa Pernikahan Islam Berbahasa Indonesia

doa pernikahan
unsplash.com

Pasangan pengantin baru pasti meminta doa dan restu khususnya kepada orang tua kedua mempelai dan keluarganya, juga kepada sahabat dan teman sejawat pada umumnya.

Pernikahan ibarat mempersatukan kedua keluarga, sehingga ridho dan restu orang tua sangatlah penting. Sahabat dan kerabat juga dengan senang hati memberikan doa terbaiknya, tak lupa biasanya turut diiringi dengan nasehat-nasehat pernikahan.

Pernikahan adalah acara sakral yang mulia, sekaligus untuk menggenapkan separuh ibadah sang pengantin.

Memberikan doa, ucapan selamat dan nasehat adalah suatu hal yang lazim. Tidak selalu berbahasa arab, beberapa ucapan doa sering kita dengar berbahasa Indonesia. Berikut contoh-contohnya.

Contoh Doa Pernikahan 1

Awali dengan membaca alfatihah, hamdalah dan shalawat Nabi lalu membaca doa seperti berikut, “Ya Allah, ya Rahman, jadikanlah pernikahan ini pernikahan yang penuh barakah. Menjadi pembuka pintu rahmat bagi kedua mempelai, bagi kedua orang tuanya, bagi keluarganya dan bagi seluruh umat. Menjadi penyempurna keimanan dan keislamannya. Menjadi tungku tempat mereka menempa sabar dan syukur. Menjadi sekolah tempat mereka belajar menjadi dewasa. Menjadi jalan bagi keduanya menuju cinta-Mu.”

Contoh Doa 2

“Ya Allah, ya Ghoffar, ampunilah dosa-dosa keduanya atas kesalahannya di masa yang lalu. Maafkanlah segala khilaf mereka, sucikanlah hati mereka, luruskan niat mereka, kuatkan tekad mereka, bimbinglah keduanya menuju jalan yang Engkau ridhai. Ya Allah, lindungilah mereka dari segala tipu daya syaitan, agar dapat menapaki jalan kehidupan di jalanMu yang lurus, aamiiinn.”

Contoh Doa 3

“Ya Allah ya Ahad, satukan hati kedua mempelai ya Allah, sebagaimana Engkau menyatukan hati Adam dan Hawa. Sebagaimana Engkau jadikan telaga kasih sayang antara Rasulullah SAW dengan Khadijah. Sebagaimana Engkau sematkan cinta kasih yang tulus antara Ali bin Abi Thalib dengan Fatimah, aamiiinn.”

Contoh Doa 4

“Ya Allah ya Wadud, cukupkanlah permohonan kami dengan ridhaMu. Jadikanlah kedua mempelai suami istri yang saling mencintai di kala dekat, saling menjaga kehormatan diri di kala jauh, saling menghibur dikala duka, saling mengingatkan untuk ketaatan, saling mendoakan untuk kebaikan dan ketakwaan serta saling menyempurnakan dalam beribadah, aamiinn.”

Contoh Doa 5

doa nikah
unsplash.com

“Ya Allah, sempurnakanlah kebahagiaan kedua mempelai dengan menjadikan pernikahan ini sebagai ibadah kepada-Mu dan bukti ketaatan terhadap sunnah Rasul-Mu. Ya Allah, Engkau mengetahui bahwa hati mereka telah berhimpun dalam cinta pada-Mu, telah berjumpa dalam taat pada-Mu, telah bersatu dalam dakwah pada-Mu, telah berpadu dalam membela syariat-Mu. Kukuhkanlah ikatan cintanya ya Allah, kekalkanlah cintanya. Penuhilah hatinya dengan cahayaMu yang tak pernah pudar. Lapangkanlah dadanya dengan limpahan keimanan pada-Mu, dan keindahan bertawakal pada-Mu. Nyalakanlah hati kami dengan berma’rifat kepada-Mu. Matikanlah kami dalam syahid di jalanMu. Sesungguhnya Engkau adalah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong, aamiinn.”

Contoh Doa 6

“Semoga Allah memberi berkah padamu di saat rumah tanggamu dalam keadaan harmonis, dan semoga Allah (tetap) memberi berkah padamu di saat rumah tanggamu terjadi kerenggangan (prahara), dan semoga Dia (Allah) mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan”(HR. Abu Daud, Tirmidzi, dan Ibnu Majjah).

Doa Pernikahan Versi Singkat

doa pernikahan
unsplash.com

Tak hanya doa yang islami, belakangan ini doa versi singkat namu penuh makna juga menjadi pilihan dikala teman karib menikah.

Tanpa mengurangi makna di dalamnya, doa versi singkat tetap mengandung harapan baik kepada pasangan pengantin. Walaupun singkat, inti doa yang ingin kita sampaikan sudah terkandung didalamnya.

  • Barakallah, semoga menjadi pasangan dunia akhirat, menjadi keluarga yang sakinnah mawaddah wa rahmah, bahagia selalu yaa!
  • Barakallah, semoga Allah SWT senantiasa merahmati kalian berdua, memberikan anugerah dan rizkinya kepada kalian, sukses selalu!
  • Mohon maaf belum bisa hadir di acara bahagiamu, semoga langgeng terus sampai kakek nenek, punya anak yang lucu-lucu, aamiiinn.
  • Selamat yaa, semoga segera dikaruniai momongan yang sholeh-sholehah, bahagia lahir batin, aamiinn.
  • Aku doakan semoga kalian bahagia selalu, menjadi pasangan sehidup-sesurga, bahagia dunia akhirat, aamiiinn.
  • Selamat yaa, semoga pernikahan kalian berkah, dirahmati Allah, selalu dalam lindunganNya dan selalu bahagia saling melengkapi, aamiinn.

Doa Setelah Hidangan Pernikahan

doa menikah
unsplash.com

Ada juga doa yang kita ucapkan setelah menyantap hidangan pada jamuan pernikahan. Doanya adalah sebagai berikut, “Allahumma ath’im man ath’amanii wasqi man saqaanii” yang artinya ya Allah berikanlah makan kepada orang yang memberi makan kepadaku, dan berikanlah minum kepada orang yang memberi minum kepadaku.

Jadi, doa pernikahan yang mana pilihan kamu? Mendoakan sudah tentu menjadi amalan yang dianjurkan.

Doa pasti sangat diharapkan sang pengantin karena menggambarkan kehadiran dan kepedulianmu.

Kamu bahkan bisa mengajukan diri untuk memberikan khutbah di pernikahan orang terdekat, lihat contohnya di artikel khutbah nikah yang kami ulas.

Jadi, jangan lupa siapkan doa-doa baik untuk teman maupun saudaramu yang akan menikah ya! Pilih doa yang menunjukkan kamu banget!

Nah, kalau kamu tertarik dengan proses taaruf, kamu juga mengulasnya dengan jelas. Coba cermati ya. Sedikit demi sedikit juga perlu kamu buat konsep dekorasi pernikahan yang sempurna untuk kalian berdua.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.