5 Contoh Surat Lamaran Kerja (Baik dan Benar, Terbaru + Doc)

5 Contoh Surat Lamaran Kerja (Baik dan Benar, Terbaru + Doc)

Apakah kamu perlu menulis surat lamaran untuk melamar pekerjaan? Contoh surat lamaran di bawah ini bisa membantu kamu dalam membuat lamaran yang bagus.

Adapula contoh surat lamaran kerja bahasa inggris, yang bisa kamu amati. Contoh surat pernyataan, contoh cv, contoh surat keterangan juga bisa kamu pelajari.

Surat lamaran kamu menentukan antara mendapatkan wawancara kerja atau sekedar diabaikan, maka curahkan waktu dan upaya yang diperlukan untuk menulis surat lamaran yang efektif.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

surat lamaran pekerjaan
unsplash.com

Sebelum kamu mulai menulis surat lamaran, kamu harus membiasakan diri dengan tujuan surat.

Surat lamaran adalah dokumen yang dikirim bersama resume kamu untuk memberikan informasi tambahan tentang keterampilan dan pengalaman kamu.

Surat itu memberikan informasi rinci tentang mengapa kamu memenuhi syarat untuk pekerjaan yang kamu lamar. Jangan hanya mengulangi apa yang ada di resume kamu.

Namun, sertakan informasi spesifik tentang mengapa kamu sangat cocok untuk persyaratan pekerjaan si pemberi kerja.

Pikirkan surat lamaran kamu sebagai promosi penjualan yang akan memasarkan kamu dan membantumu sampai pada tahap wawancara.

Dengan demikian, kamu harus memastikan surat lamaran yang kamu sertakan membuat kesan terbaik pada orang yang mengulasnya.

Surat lamaran kerja biasanya menyertai setiap resume yang kamu kirim.

Pengusaha menggunakan surat pengantar sebagai cara untuk menyaring pelamar untuk pekerjaan yang tersedia dan untuk menentukan kandidat yang ingin mereka wawancara.

Jika pemberi kerja membutuhkan surat lamaran, itu akan dicantumkan dalam posting pekerjaan.

Meskipun perusahaan tidak memintanya, kamu mungkin ingin menyertakannya dan surat itu akan menunjukkan bahwa kamu telah berupaya ekstra dalam aplikasi posisi yang kamu kirimkan.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar
unsplash.com

Berikut semua informasi yang kamu butuhkan untuk menulis surat lamaran yang akan membuat lamaran kamu diperhatikan.

Tinjaulah kiat-kiat ini untuk mengetahui apa yang harus dimasukkan dalam surat lamaran, bagaimana menulis formatnya, dan perhatikan contoh-contoh surat lamaran kerja yang ditulis secara profesional.

Setiap surat lamaran yang kamu tulis harus disesuaikan untuk disertakan:

  • Pekerjaan mana yang kamu lamar (termasuk spesifikasi pekerjaan di paragraf pembukamu)
  • Bagaimana kamu belajar tentang pekerjaan (dan rujukan jika kamu memilikinya)
  • Mengapa kamu memenuhi syarat untuk pekerjaan itu (harus spesifik)
  • Apa yang kamu tawarkan kepada perusahaan, dan mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan khusus ini
  • Cocokkan keahlian kamu dengan deskripsi pekerjaan, dan membaca tentang misi, nilai, dan sasaran organisasi untuk disebutkan dalam surat kamu)
  • Ucapan terima kasih bahwa surat lamaran kerjamu telah dipertimbangkan

5 Contoh Surat Lamaran Kerja

Untuk memudahkanmu dalam menulis surat lamaran pekerjaan, beberapa contoh draft surat lamaran telah kami sertakan dalam tautan berikut ini.

Jika terjadi masalah dalam tautan, jangan sungkan menulis request re-upload di kolom komentar.

Sedangkan poin penting dalam membuat surat kami tuliskan secara lengkap dalam ulasan berikut.

Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris

contoh surat lamaran kerja bahasa inggris
unsplash.com

Selain tentu saja menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa pengantar surat, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menyusun surat lamaran berbahasa inggris.

Uarakan bahwa kamu telah menyertakan resume atau cv dalam berkas yang kamu kirimkan. Sebutkan pula berapa lama kamu telah berkecimpung dalam bidang atau posisi yang kamu lamar.

Jangan lupa untuk menunjukkan satu pencapaian terbesarmu dalam bidang tersebut. Katakana pula bahwa kamu sangat antusias jika diberikan kesempatan untuk bekerja dalam perusahaan.

Surat Lamaran Kerja Via Email

contoh surat lamaran kerja via email
unsplash.com

Pada umumnya, surat lamaran memang secara resmi berbentuk file surat. Dalam body atau isi email kamu cukup menuliskan pengantar singkat tentang berkas-berkas yang kamu sertakan dalam email.

Namun, ada beberapa perusahaan yang memang meminta agar surat lamaran diketik dalam body email. Jike memang demikian kamu tentu harus menuruti syarat sederhana tersebut.

Poin yang harus kamu sampaikan adalah nyatakan betapa tertariknya kamu terhadap posisi yang ingin kamu lamar.

Jangan lupa untuk menyertakan nomor kontak yang masih aktif dan dapat dihubungi sewaktu-waktu oleh perusahaan.

Surat Lamaran Kerja Guru

contoh surat lamaran kerja guru
unsplash.com

Dengan surat ini kamu dapat melamar sebagai guru PNS maupun guru honorer, baik guru SD, SMP, SMA, maupun SMK. Tujukan surat lamaran kamu kepada kepala sekolah.

Cantumkan biodata singkat berisi nama, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat, hingga nomor kontak handphone kamu.

Sebutkan juga berkas apa saja yang turut kamu lampirkan dalam paket lamaran menjadi guru. Terakhir, sampaikan bahwa kamu menantikan kesempatan untuk tahap wawancara atau micro-teaching.

Surat Lamaran Kerja di Bank, PT, Supermarket Atau Pabrik

contoh surat lamaran kerja di PT
unsplash.com

Untuk kamu yang berniat menjadi karyawan bank, industri, supermarket, atau PT tertentu, gunakan contoh ini dalam membuat lamaran kamu.

Tujukan surat kamu kepada manager atau bagian HRD yang umumnya mengurusi rekrutmen karyawan. Sertakan pengalaman bekerja yang pernah kamu lakukan sebelumnya.

Sebutkan pula data-data pendukung yang turut kamu lampirkan dalam berkas yang kamu kirim, agar pihak perusahaan dapat melihat kelengkapan berkas kamu.

Surat Lamaran Kerja Bidang Kesehatan

contoh surat lamaran kerja bidang kesehatan
unsplash.com

Kamu bisa mendaftar sebagai dokter, perawat, bidan, atau posisi pekerjaan lainnya yang terkait bidang kesehatan dengan surat yang satu ini.

Tuliskan tentang latar belakan pendidikan dan berbagai sertifikasi pelatihan yang pernah kamu ikuti, tentunya cukup dalam hal kesehatan.

Bagaimana? Mudah bukan? Melalui 5 contoh surat lamaran kerja di atas, harapannya kamu bisa membuat surat lamaran yang sesuai.

Jangan lupa perhatikan CV dan persyaratan lainnya agar kamu lolos ke tahap selanjutnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.