9 Contoh Laporan Terbaik yang Bisa Kamu Amati Tiru Modifikasi (+Pdf dan Doc)

Contoh laporan banyak dicari karena bagi mereka yang baru pertama kali membuat laporan, cukup membingungkan untuk menuliskan informasi atau data dan bagaimana struktur penulisan laporan.

Nah, kali ini kami akan mengulas ragam contoh yang bisa kamu cermati. Mulai dari laporan keuangan, pkl / prakerin, kegiatan, magang, kunjungan, perjalanan, hingga laporan praktikum.

Semuanya dapat kamu buat dengan mudah dan sederhana. Kuncinya: ikuti cara dan detil yang kami jelaskan di bawah ini.

Cara Membuat Laporan yang Bagus

cara membuat laporan

Laporan adalah dokumen yang resmi, maka haruslah memiliki struktur atau sistematika yang baku. Nah, bentuk laporan yang paling sederhana adalah:

Pendahuluan, isi dan pembahasan, serta kesimpulan dan saran

Pendahuluan umumnya berisi latar belakang, tujuan dan manfaat. Sementara pembasahan berisi seluruh data yang kita dapatkan dari kegiatan serta penjelasan tentang data tersebut.

Sedangkan kesimpulan berisi tentang simpulan atau konklulsi tentang solusi dari seluruh pembahasan. Sementara saran berisi tentang rekomendasi lanjutan untuk kegiatan ke depan.

Sementara bagian lain yang umum juga dicantumkan sebagai informasi penunjang diantaranya:

  • Kata pengantar
  • Daftar isi
  • Daftar tabel
  • Daftar gambar
  • Lampiran
  • Daftar pustaka

Nah, kami menyediakan pula ulasan tentang contoh kata pengantar dan contoh daftar pustaka yang baik dan benar.

Daftar isi dan cara mudah dan cepat membuatnya juga kami ulas, temukan dengan cara cari “contoh daftar isi” pada kolom search di bawah.

Tips Praktis Bikin Laporan

tips membuat laporan

Pertama, laporan harus bersifat luas. Artinya, dalam memandang permasalahan dalam topik yang dibahas atau solusi yang ditawarkan, kamu mesti terbuka dengan perkembangan ide terkini.

Kedua, laporan harus lengkap dan komprehensif. Maksudnya, kamu mesti menjelaskan masalah yang ditemui selama kegiatan dengan rinci dan komplit.

Kemudian cobalah untuk menjawab alasan dan mengapa terjadi masalah tersebut, sekaligus kemukakan pendapatmu tentang bagaimana solusi yang paling tepat.

Selain opini pribadi, kamu juga mesti mencantumkan ragam referensi dari ahli atau tokoh, atau malahan jurnal penelitian terkait.

Ketiga, laporan mesti dibuat menarik. Menarik tidak berarti alay warna warni ya, tetapi mudah dibaca dan dimengerti. Bagaimana caranya?

Cantumkan diagram dengan warna berbeda sehingga data akan jauh lebih mudah dipahami.

Nah, untuk lebih jelasnya, kamu dapat segera mengamati beragam contoh laporan yang kami berikan di bawah ini.

Contoh Laporan yang Baik dan Benar

beragam contoh laporan

Untuk memudahkan kamu dalam mengamati sistematika laporan yang baik, kami sengaja tidak menyertakan draft contoh laporan dalam tulisan ini.

Melainkan kami sediakan link download beragam jenis laporan yang kamu butuhkan. Kamu bisa mengunduh file pdf atau doc dari daftar contoh di bawah ini.

  1. Laporan pkl / prakerin
  2. Laporan magang
  3. Laporan kegiatan
  4. Laporan hasil observasi / penelitian
  5. Laporan praktikum
  6. Laporan laba rugi
  7. Laporan keuangan
  8. Laporan kunjungan industri
  9. Laporan perjalanan / study tour

Bagaimana? Jika contoh laporan yang kamu cari tidak ada pada daftar di atas, kamu bisa menghubungi kami lewat kolom komentar dan melakukan request contoh laporan sesukamu.

Kami juga menyediakan artikel tentang tugas sekolah dan kuliah, misalnya contoh makalah yang kamu butuhkan sewaktu-waktu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.