5 Contoh Daftar Pustaka Dan Cara Membuatnya (+ Doc)

5 Contoh Daftar Pustaka Dan Cara Membuatnya (+ Doc)

Kamu butuh contoh daftar pustaka sebagai bahan acuan dalam menulis referensi? Kamu bisa dapatkan disini, baca artikel yang satu ini hingga selesai ya.

Dalam sebuah karya tulis ilmiah harus ada sebuah kata pengantar, daftar isi, latar belakang, rumusan masalah, metode penelitian, teori penelitian dan daftar pustaka.

Contoh  kata pengantar, contoh halaman pengesahan dan contoh daftar isi sangat mudah dibuat. Sementara untuk contoh daftar pustaka, cara menulisnya harus sesuai dengan ketentuan.

Cara Membuat Daftar Pustaka

cara membuat daftar pustaka
pixabay.com

Daftar pustaka adalah daftar semua sumber yang telah kamu gunakan baik yang direferensikan atau tidak dalam proses penelitian kamu. Secara umum, daftar pustaka  harus mencakup:

  • Nama-nama penulis
  • Judul karya (buku atau jurnal)
  • Nama perusahaan yang menerbitkan salinan sumber kamu
  • Lokasi perusahaan yang menerbitkan salinan sumber kamu
  • Tahun buku tersebut diterbitkan

Nah, untuk membuat daftar pustaka, kamu dapat menggunakan software Mendeley yang lazim digunakan oleh para peneliti.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan fitur reference dalam Microsoft word.

Atau dapat juga dibuat dengan cara manual dengan Microsoft word. Cara mengatur penulisan daftar pustaka menggunakan MS Word dapat kamu pelajari pada ulasan di bawah ini.

Mengatur Format Daftar Pustaka

Mengatur Format Daftar Pustaka
pixabay.com

Titik pembeda dari paragraph pada umumnya adalah daftar pustaka ditulis menjorok ke dalam mulai dari baris ke dua dan seterusnya. Bagaimana maksudnya?

Jadi, pada baris pertama awal tulisan tidak ditulis menjorok, rata kanan kiri, sedangkan mulai pada baris kedua diharuskan menjorok sekitar tujuh karakter.

Untuk mendatur system tulisan menjorok secara otomatis, kamu dapat melakukan drag and drop (tahan dan geser) pada tombol hanging indent.

Terdapat tiga jenis tombol indent, yaitu first line indent, hanging indent, dan left indent. Tahan dan geser tombol hanging indent sejauh kira-kita tujuh karakter.

Dengan demikian, baris pertama akan rata kanan kiri, sedangkan baris kedua dan selanjutnya akan menjorok ke dalam beberapa karakter.

Jenis Penulisan Daftar Pustaka

jenis penulisan daftar pustaka
pixabay.com

Terdapat berbagai standar baku penulisan daftar pustaka, diantaranya gaya penulisan daftar pustaka atau style APA (American Psychological Association), Oxford, Harvard, dan Vancouver.

Cara penulisan daftar pustaka yang paling sering digunakan di Indonesia adalah style APA. Namun beberapa universitas atau fakultas umumnya memiliki aturan tersendiri tentang style dapus.

Style APA umumnya digunakan dalam keilmuan sosial, namun di kalangan akademisi Indonesia, gaya penulisan ini digunakan oleh mayoritas tulisan akademik dari bidang apapun.

Perdebaan antar style daftar pustaka juga kami lampirkan dalam file draft pada tautan di bawah.

Contoh Daftar Pustaka yang Baik dan Benar

contoh-contoh daftar pustaka
pixabay.com

Untuk memudahkanmu dalam menyunting draft daftar pustaka, kamu bisa mengunduh contoh daftar pustaka dalam tautan berikut ini.

Apabila kamu menemui masalah dalam mengunduh, tuliskan permintaan unggah ulang pada kolom komentar.

Daftar pustaka lazim digunakan dalam berbagai dokumen agar mempermudah dalam hal penelurusan sumber tulisan atau data terkait.

Misalnya dalam proposal, skripsi, jurnal, esai, karya tulis, buku, laporan magang / PKL / prakerin / study tour, hingga profil sebuah kegiatan atau perusahaan.

Melalui berbagai contoh daftar pustaka yang telah kamu unduh lewat tautan di atas, semoga dapat membantu kamu dalam penyusunan karya tulis yang kamu butuhkan. Semoga berhasil!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.