5+ Contoh Daftar Isi dan Cara Cepat Membuatnya (+ Doc)

5+ Contoh Daftar Isi dan Cara Cepat Membuatnya (+ Doc)

Contoh daftar isi biasanya kamu perlukan untuk menyusun sebuah karya. Daftar isi yang terdapat pada sebuah buku atau makalah, harus dibuat dengan rapi, informatif dan sistematis.

Peran penting dari daftar isi ini adalah membantu pembaca agar lebih mudah untuk menemukan topik yang diinginkan untuk dibaca.

Kamu juga dapat mempelajari contoh kata pengantar, contoh halaman persembahan, dan contoh daftar pustaka, yang bisa kamu jadikan referensi dalam melengkapi karya tulis yang kamu buat.

Cara Cepat Membuat Daftar Isi

cara membuat daftar isi
unsplash.com

Tentukan Judul dan Subjudul

Dalam membuat daftar isi pada buku atau karya tulis yang kamu buat, pertama-tama buatlah judul dan subjudulnya terlebih dahulu.

Caranya yaitu blok teks yang menjadi judul, lalu aplikasikan dengan menggunakan style heading I. aplikasikan heading I untuk judul utama, dari setiap bab.

Kemudian gunakan heading 2, heading 3, dan selanjutnya.

Buat Inti dari Daftar Isi

Kini saatnya kamu membuat daftar isi, dengan beberapa cara sebagai berikut :

  • Klik tempat yang kosong di mana kamu ingin meletakan daftar isi tersebut.
  • Lalu tampilkan jendela table of content.
  • Klik pada tab table of content tersebut.

Setelah kamu melakukan langkah-langkah di atas, kini munculah sebuah table daftar isi yang akan muncul otomatis di dokumen kamu.

Daftar isi tersebut akan berisi judul dan subjudul yang telah kamu buat.

Daftar Isi Yang Baik Dan Benar

daftar isi yang baik dan benar
unsplash.com

Kami ingin memudahkanmu dalam membuat daftar ini, oleh karena itu kami siapkan draft daftar isi dalam tautan berikut ini.

Apabila tautan tersebut tidak dapat dibuka, kamu dapat menuliskan permintaan unggah ulang melalui kolom komentar.

Daftar Isi Buku

daftar isi buku
unsplash.com

Daftar isi dalam sebuah buku sangatlah bervariasi, tentu saja karena tidak pernah ada aturan resmi tentang daftar isi buku.

Pada buku-buku yang resmi seperti buku kuliah atau mata pelajaran tertentu, daftar isi ditulis dengan secara baku dengan pengelompokkan baba tau pembahasan spesifik.

Namun pada buku-buku motivasi maupun prosa dan novel, daftar isi umumnya lebi bebas dan singkat. Hanya menunjukkan bagian tertentu pada buku tersebut.

Daftar Isi Makalah

Daftar isi dari sebuah makalah dapat sangat sederhana dan singkat tergantung pada isi makalah tersebut.

Jika tugas makalah yang disyaratkan memang tidak terlalu panjang, maka bahkan kamu tidak perlu membuat daftar isi.

Namun, jika isinya cukup komprehensif dan menyangkut berbagai bab tertentu, kamu bisa menggunakan contoh yang ada dalam tautan di atas.

Daftar Isi Skripsi

daftar isi skripsi
unsplash.com

Nah, sementara daftar isi skripsi harusnya rapi, lengkap, dan terstruktur dengan baik.

Pembagian posisi bab dan subbab harus diatur sedemikian rupa agar mudah ditelusur pada halaman terkait.

Bahkan sebelum isi yang menerangkan posisi halaman tiap bab, kamu harus mencantumkan daftar ini halaman judul – pengesahan – persembahan, kata pengantar, daftar isi – tabel – lampiran.

Di bagian akhir juga harus kamu perlihatkan pada halaman berapakan daftar pustaka berada. Hal ini sangat penting mengingat skripsi adalah satu karya tebal yang terdiri dari ratusan halaman.

Daftar Isi Karya Ilmiah

Sebuah karya tulis atau karya ilmiah secara singkat hanya berisi permasalahan dan solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan tantangan tersebut.

Contoh daftar isi yang ada dalam file yang kamu unduh melalui tautan diatas bisa dijadikan referensi.

Daftar Isi Laporan Magang / PKL / Prakerin

daftar isi laporan
unsplash.com

Ada berbagai macam jenis laporan, mulai dari kegiatan magang di pabrik, praktek kerja lapangan di sekolah, atau praktek kerja instansi di kantor tertentu.

Malahan barangkali berupa laporan praktikum. Laporan magang umumnya berisi profil dan sejarah perusahaan serta alur proses produksi dalam pabrik tersebut.

Kebanyakan isi dari sebuah contoh daftar isi dibuat dengan sangat sederhana, tetapi isi tersebut sudah mencakup semua yang dibutuhkan pada suatu daftar isi.

Tinggal bagaimana kamu mengembangkannya agar terlihat lebih rapi.

Isi dari sebuah daftar isi ini tergantung pada keperluan kamu dalam membuat daftar isi, misalnya pembuatan daftar isi makalah akan berbeda dengan daftar isi sebuah buku.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.