Buku Nikah, Apa Sih Isinya? Kartu Nikah, Bedanya? (Penjelasan Inti)

Buku nikah telah menjadi bukti yang sah secara hukum bahwa dua orang terikat dalam status pernikahan. Selain tentu saja sah secara agama.

Pemerintah mengatur hal ini karena berhubungan dengan hak dan kewajiban yang berhubungan dengan perdata jika terjadi masalah terkait pernikahan.

Namun, belakangan kementerian agama mengeluarkan dokumen baru dinamakan kartu nikah. Nah, ada sih perbedaanya? Isunya sebagai pengganti buku nikah, bener nggak sih?

Ikuti ulasan lengkapnya dalam artikel ini ya.

Isi Buku Nikah

isi buku nikah
suarapurwokerto.com

Buat kamu yang masih menjalani masa taaruf atau sedang dalam tahapan khitbah, perlu tau juga nih tentang isi buku yang satu ini.

Mengapa? Jadi, nanti kamu tidak kaget jika paska akad diminta mengucapkan sigat ta’liq di depan umum.

Lha gemana mau tenang dan yakin mengucapkan kalau tidak tahu isi, maksud, dan konsekuensi dari segala yang ada di dokumen tersebut, iya kan?

Nasihat Pernikahan

Pada halaman pertama buku nikah tertulis nasihat pernikahan untuk kedua mempelai, mengutip Al Quran langsung, tepatnya pada surat An-Nisa’ ayat 19.

Isi kandungan atau inti nasihat dari firman Allah subhanallah wa ta’ala dalam ayat tersebut adalah:

Perlakukan pasanganmu dengan cara yang baik. Jika ada hal atau tindakannya yang tidak kamu sukai, ingatlah bahwa mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, namun Allah menjadikan banyak kebaikan di dalamnya

Ada juga penjelasan tentang UU Perkawinan Nomor 1 tahun 1974. Lalu di akhir nasihat, terdapat segel dan tanda tangan menteri agama yang menjabat.

Kutipan Akta Nikah

Ada di halaman 2, isinya lokasi kecamatan tempat akad dilangsungkan. Kemudian ada foto kedua mempelai. Sebelah kiri foto suami, sebelah kanan foto istri.

Nah, inilah salah satu dokumen yang mesti kamu siapkan, jangan sampai foto yang kamu kumpulkan pada KUA justru foto yang asal, atau kurang rapih.

Bakal ditempel di buku nikah kamu lho, buku selamanya, kan semua orang pasti berharap pernikahan menjadi satu-satunya dan selamanya dong.

Isi Buku Nikah

Isi kutipan akta nikah ada di halaman 3, berupa hari, tanggal, dan waktu atau jam dilangsungkannya prosesi akad nikah.

Kemudian dibawahnya berupa identitas suami, berisikan nama lengkap, nama bapak, tempat dan tanggal lahir, nomor KTP, kewarganegaraan, agama, pekerjaan, dan alamat.

Isi Lanjutan

Pada halaman empat, isinya data istri dan data wali nikah. Isi datanya sama persis: nama lengkap, nama bapak, tempat dan tanggal lahir, nomor KTP, kewarganegaraan, agama, pekerjaan, dan alamat.

Mahar atau Mas Kawin

Pada halaman ke 5, isinya cukup singkat dan padat. Berupa rincian singkat mas kawin atau mahar yang diberikan oleh calon pengantin laki-laki kepada calon perempuan sebaga syarat sah.

Dalam islam, adanya mahar memang merupakan syarat sah dilangsungkannya sebuah pernikahan.

Dalam halaman ini juga ditandatanganilah buku nikah oleh petugas pencatat nikah, atau penghulu yang merupakan pegawai KUA. Lengkap dengan stempel kementerian agama.

Halaman 6 berisi catatan status perkawinan, umumnya sih kosong, tidak diberikan catatan tertentu.

Sigat Ta’liq

Nah, ini nih yang kami singgung di awal tadi. Sigat ta’liq adalah sebuah syarat, atau ketentuan berlaku sebuah ikatan pernikahan – dalam agama islam.

Isinya berupa 4 kondisi minimal agar seorang istri dapat mengajukan gugatan cerai pada pengadilan agama, dengan membayar uang pengganti 10 ribu, agar jatuh talak satu.

Empat kondisi tersebut diantaranya:

  1. Meninggalkan istri selama 2 tahun berturut-turut
  2. Tidak memberi nafkah wajib selama 3 bulan lamanya
  3. Menyakiti badan atau jasmani istri
  4. Membiarkan (tidak memperdulikan) istri selama 6 bulan atau lebih

Ditutup dengan syarat kelima berupa: istri tidak rida atas adanya 4 perlakuan diatas, maka istri dapat mengajukan gugatan cerai.

Sigat ta’liq ini harus ditandatangani oleh suami. Pada umumnya teks di buku nikah inilah yang mesti dibaca suami setelah akad di depan umum.

Mengapa penting? Karena ada juga lho suami yang setelah menikah tidak mau membacakan sigat ta’liq keras-keras, katanya mau di kamar saja. Kan lucu ya?

Doa Sesudah Akad

Nah, halaman terakhir buku ini berupa doa sesudah akad nikah. Ya intinya beberapa poin penting seperti:

  • Agar kehidupan bahagia dan menjadi keluarga sakinah (penuh cinta)
  • Agar memiliki keturunan yang saleh, berbakti kepada Allah, taat pada orang tua, berguna bagi agama dan bangsa
  • Agar bahagia sampai di akhirat dan terhindar dari azab neraka

Bagaimana? Jadi tau kan sekarang? Kamu mesti mempersiapkan mental saat nanti menghadapi akad nikah, karena pernikahan adalah ikatan yang suci dan murni.

Terus, maksudnya mau ada kartu nikah apa sih?

Kartu Nikah

kartu nikah
kemenag.go.id

Jadi, kartu nikah itu bentunya seukuran KTP lah ya, uniknya modelnya potrait, bukan lanscape seperti kartu identitas lain pada umumnya.

Canggihnya lagi, sudah ada QR Code-nya juga. Selain itu tentu saja ada juga foto suami dan istri pada kartu nikah ini. Inovasi ini diluncurkan oleh Kemenag pada awal November 2018 yang lalu.

Fungsinya bukan sebagai pengganti buku nikah, namun lebih kepada penyederhanaan.

Agar pengurusan layanan publik atau administrasi tertentu yang membutuhkan dokumen nikah, tidak perlu lagi menggunakan buku nikah.

Jadi nggak perlu bawa buku pernikahan kemana-mana, takutnya malah ilang kan. Kartu nikah ini akan terhubung dengan sistem SIMKAH.

Sebuah aplikasi digital dari Kemenag yang diciptakan terutama untuk mencegah adanya pemalsuan buku nikah. Terintegrasi pula dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Kartu nikah mulai didistribusikan sebanyak 1,25 juta buah di 67 kota besar di Indonesia. Nantinya akan memudahkan kamu dalam hal administratif seperti:

  • Pembuatan rekening bar
  • Tunjangan keluarga
  • Pembuatan visa
  • Perpanjangan paspor
  • Istri mendapat hak dana pensiun atau tunjangan penceraian
  • Keterikatan perdata anak dan ayah ibu

Nah, buat kamu yang kira-kira beleum merencanakan menikah dalam beberapa waktu dekat ini. Main-main dulu lah ke resepsi kawan lama, bawa kado yang bikin mereka terkesan.

Kami ada nih tulisan khusus ulasan tentang ragam ide dan bentuk hadiah yang unik dan menarik di artikel kado pernikahan. Baca ya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.