Bibit Puyuh dan 4 Persiapan Penanganan yang Baik (Rekomendasi)

Bibit Puyuh dan 4 Persiapan Penanganan yang Baik (Rekomendasi)

Sebelum memulai usaha ternak burung puyuh, kamu perlu memiliki pengetahuan tentang sejarah burung puyuh dan bibit puyuh. Artikel ini akan membahas berbagai persiapan dalam menangani anakan puyuh.

Bibit Puyuh Umur 1 Hari

bibit puyuh
youtube.com

Kalau kamu membeli bibit puyuh dari pabrik atau peternak besar, hal pertama yang harus kamu lakukan saat bibit puyuh pertama kali datang adalah menyediakan kandang yang sesuai.

Hal-hal yang harus diperhatikan diantaranya:

  • Layer pada kandang puyuh
  • Sistem penghangat kandang
  • Air gula untuk puyuh anakan

Bagaimana kandang bibit puyuh yang sesuai? Kandang anakan puyuh mesti dilengkapi dengan growes atau layer atau pemisah antar bibit puyuh.

Layer pada kandang anakan berfungsi untuk meminimalisir kematian bibit puyuh yang saling memangsa.

Memangsa? Yap, benar sekali, puyuh memiliki sifat kanibal yang cukup tinggi, sehinggi kandang anakan puyuh perlu di desain dengan fungsi yang tepat sesuai dengan umur anakan puyuh.

Sebelum kamu memasukkan bibit puyuh ke kandang anakan, terlebih dulu celupkan paruh puyuh dalam air gula. Gula yang digunakan dapat berupa gula aren yang kamu larutkan dalam air.

Kemudian beri penghangat kandang berupa lampu berdaya 60-100 watt dan pertahankan suhu pada kisaran 33-35 derajat celcius.

Bagaimana dengan pakan untuk bibit puyuh umur 1 hari? Pakan tidak terlalu krusial dalam penanganan bibit puyuh doq, kamu bisa memberikan pakan dengan cara menebarkannya pada kandang anakan, tidak perlu terlalu banyak.

Bibit Puyuh Umur 2-7 hari

anak puyuh
youtube.com

Suhu kandang dapat kamu atur hingga 31 derajat celcius, kemudian perhatikan perilaku anakan puyuh pada suhu tersebut. Kondisi yang tepat adalah anakan puyuh tersebar merata pada suhu yang kamu atur.

Jika anakan puyuh terkonsentrasi mendekati lampu, artinya anakan puyuh merasa suhu tersebut terlalu dingin, begitu juga sebaliknya jika anakan puyuh menjauh dari lampu.

Tingkatkan jumlah pakan anakan puyuh yang ditaburkan pada lantai kandang, air gula yang dicampur vitamin juga tetap diberikan. Hal ini perlu kamu lakukan secara berkala hingga hari ke 5.

Nah, pemberian vaksin dengan metode tetes dilakukan pada hari ke 5. Pada hari ke 1-5 kandang anakan umumnya ditutup menggunakan plastik tebal, atau terpal.

Bibit Puyuh Umur 8 Hari

anakan puyuh
duniaunggas.com

Nah, terpal penutup kandang anakan dibuka pada hari ke 8 ini. Saat hari mulai malam, kamu bisa menutup terpal kandang ini, atau membuka separuh bagian terpal.

Suhu kandang tentu saja tetap harus dipertahankan dengan lampu penghangat yang terus dinyalakan selama malam hari. Pakan yang diberikan pada umur anakan 8 hari dapat berupa pakan pellet anak ayam  yang telah diharuskan.

Selain itu, kamu tetap harus memberikan air minum yang telah dicampur antibiotik. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan anakan burung puyuh petelur.

Bibit Puyuh Umur 10 Hari

bibit burung puyuh
gentlemanfarmer.net

Pada umur bibit puyuh 10 hari, kamu mulai bisa memberikan pakan pellet tanpa harus dihaluskan terlebih dahulu, pakan dengan kriteria ini terus kamu berikan hingga umur biit puyuh 14 hari.

Kamu juga perlu melakukan pemindahan bibit puyuh menuju kandang grower atau kandang pembesaran. Air minum yang kamu sediakan untuk bibit puyuh tidak perlu diberi tambahan antibiotik atau vitamin.

Setelah puyuh berumur 14 hari, kamu bisa menjualnya ke peternak puyuh siap telur. Pada umumnya burung puyuh petelur akan mulai bertelur pada umur 35 hari.

Ada peternak yang membeli bibit puyuh umur 14 hari, ada juga yang membeli bibit umur 21 hari. Tentu saja harganya berbeda tergantung pada preferensi peternak masing-masing.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan lampu sebagai pencahayaan dan penghangat kandang.

Adanya cahaya pada kandang dapat merangsang produksi dan suplai follicle stimulating hormone (FSH) atau hormon yang dapat mengatur ovulasi dan oviposisi telur puyuh sebelum ditelurkan.

Artinya pengeluaran sel telur dan posisi telur puyuh sebelulm ditelurkan sangat dipengaruhi oleh intensitas cahaya lampu.

Nah, kalau kamu ingin segera membeli anakan puyuh, perhatikan harga burung puyuh yang sesuai.

Kamu punya pengalaman lain dalam beternak burung puyuh petelur, ayo saling tukar ilmu dan pengalaman, komentari tulisan tentang bibit puyuh ini. Selamat sukses beternak burung puyuh!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.